Acer DX900

Author: Web Phone information sources // Category:

Fitur "Kelas Berat" Dengan Dual On

Windows Mobile dual on bukan pertama kali ini hadir di Indonesia, tapi DX900 menyajikan fitur dan fasilitas dengan standar paling lengkap untuk beragam kebutuhan, terutama bisnis.


Pasar ponsel dual on, terutama dual on GSM-GSM memang tengah popular di Tanah Air. Selain vendor merek lokal yang gencar menawarkan desain dual on ala Berry, vendor merek global terlihat tertarik membidik celah pasar ini. Salah satunya adalah Acer yang menawarkan seri ponsel dual on DX900 dengan platform Windows Mobile. Walau bukan dual on Windows Mobile pertama yang masuk di pasar Indonesia, DX900 hadir dengan kelengkapan fitur Windows Mobile generasi terbaru. Termasuk pengembangan fitur khas rancangan Acer.

Sebagai produsen komputer kelas dunia, Acer tak tanggung-tanggung dalam menggelar fitur dan layanan terbaru untuk DX900. Sebut saja ada built in GPS, 3G/HSDPA, WiFi b/g, kamera 3 Mpix dan layar akselerometer. Dari fitur yang disebutkan tadi, sudah menempatkan ponsel ini sebagai jawara di kelas dual on Windows Mobile. Belum lagi Acer menghadirkan kreasi fitur buatan sendiri (Acer exclusive application), easy keyboard dan user interface menarik dalam bungkus Spb Shell. Semua ini membuat Acer DX900 terkesan sebagai produk Windows Mobile berkelas tinggi.

DUAL ON
Walau menyandang kemampuan dual on GSM-GSM, tapi bukan berarti kedua slot kartu punya spesifikasi yang sama. Slot SIM pertama dapat mengusung kartu dengan kemampuan 3G/HSDPA dan quad band GSM. Sedang slot SIM kedua hanya bisa beroperasi di jalur GSM triple band.
Pengujian : Mengoperasikan dua kartu bersamaan, dan satu kartu secara bergantian lewat comm manager. Nilai : 3
Catatan : Proses pergantian (on/off) tiap kartu tergolong cepat. Untuk akses internet browsing gunakan layanan kartu SIM pertama. SIM pertama sejatinya diracang untuk keperluan kerja dan SIM kedua untuk urusan personal.

DESAIN
DX900 bisa digolongkan sebagai ponsel full touch screen, adanya tiga tombol di front cover hanya digunakan sebagai alternative navigasi empat arah, tombol akhiri dan tombol jawab. Back cover dirancang dengan bahan dof, sehingga ponsel tak terkesan licin dalam genggaman.
Pengujian : Menjajal instrumen dan tombol shortcut kamera, audio jack 2,5 mm, stylus pen dan tombol pengatur volume/zoom.
Nilai : 3,15
Catatan : Walau dirancang dengan desain kompak, bobot ponsel ini mencapai 147 gram, termasuk dengan baterai.

INTERNET
Dalam paket uji coba yang diterima SELULAR, ponsel ini hanya dilengkapi browser Internet Explorer (IE). IE yang digunakan sudah jenis terbaru, dimana dapat dilakukan fungsi copy/paste teks, zoom in/out, view full screen/mobile/desktop dan pengaturan ukuran teks.
Pengujian : Browsing ke sebuah situs dengan show on / off picture. Akselerasi browsing dengan IE juga tergolong memuaskan, apalagi jika menggunakan jalur akses WiFi. Visual browsing tambah menarik dengan mengaktifkan sensor akselerometer.
Nilai : 3,1
Catatan : umumnya browser IE dipasangkan browser Opera.

Spb Mobile Shell
Dengan Spb Shell, ada pilihan untuk menikmati user interface dengan tampilan unik. Spb Shell mengedepankan kemudahan navigasi lewat konsep sapuan jari. Beberapa menu tambahan bisa terintegrasi dengan tampilan menarik, seperti weather, kalender dan status kondisi baterai.
Pengujian : Menjajal penggunaan beragam menu lewat Spb Shell, ikon menu memang dibuat lebih besar untuk memudahkan pengoperasian lewat sentuhan jari tangan.
Nilai : 3,5
Catatan : Spb Shell sudah diberikan dalam full version 2.1.0. Sedangkan Spb Shell terbaru kini sudah diterbitkan dalam versi 3.0.

EASY KEYBOARD
DX900 adalah ponsel layar sentuh sejati, artinya untuk urusan ketik teks harus dilakukan lewat virtual keyboard dan handwriting recognition. Khusus untuk virtual keyboard di konsol Windows Mobile umumnya terkesan kecil dan sulit diakses lewat sentuhan jari.
Pengujian : Kini virtual keyboard tak lagi hanya bisa diakses lewat stylus pen, lewat easy keyboard dua jempol Anda bisa melakukan ketik QWERTY secara cepat. Walau bidang layar tak seberapa puas, easy keyboard menyediakan solusi agar terhindar dari salah pencet tuts.
Nilai : 4
Catatan : Easy keyboard lebih optimal digunakan dalam moda landscape.

MEMORI
Ponsel ini punya metode sendiri untuk memaksimalkan performa memorinya. Yakni dengan keberadaan fitur memory optimization, fitur ini bekerja dengan melakukan restart sistem apabila memori mendekati standar minimum.
Pengujian : Mengunduh banyak konten ke ponsel, lalu mencoba auto restart setting saat memori mendekati kurang dari 15 Mb. Setelah dilakukan restart, kinerja ponsel terasa bertambah lebih ringan dan cepat.
Nilai : 3,35
Catatan : Setting restart bisa di set mulai dari 5 Mb sampai 20 Mb.

KAMERA
Ponsel ini dilengkapi kamera 3 Mpix (2048x1536 pixels) lengkap dengan flash LED. Kelengkapan menu kamera mencakup white balance, date stamp, pilihan efek, pengaturan format dan self timer. Sedang rekam video dengan fitur yang serupa dengan kamera, maksimum bisa merekam hingga resolusi VGA (640x480 pixels).
Pengujian : Mengambil foto dengan geo tagging dan merekam video dengan resolusi tertinggi.
Nilai : 3
Catatan : Hasil foto dapat langsung disimpan dalam pilihan format JPG atau BMP. Sedang rekam video dengan format 3GPP.

NAMECARD MANAGER
Sebagai ponsel pebisnis, DX900 juga tak lupa dibekali businesscard reader dengan label fitur namecard manager. Fitur ini dibekali kemampuan edit, zoom dan import file, selain tentunya dapat melakukan capture langsung dari obyek kartu nama.
Pengujian : melakukan capture kartu nama berbahasa Indonesia, nampak software belum mengenali tipikal kalimat bahasa Indonesia. Untuk format kartu nama korporat berbahasa Inggris, didapat hasil yang sempurna, Ada keistimewaan saat proses capture, dimana terdapat tool untuk mengaktifkan langsung flash light.
Nilai : 2.5
Catatan : -

Prosesor
Beban fitur dan fasilitas yang ada di ponsel ini tak bisa dibilang kecil, untuk itu Acer mempercayakan penggunaan prosesor keluaran Samsung tipe S3C 6400 533 Mhz. Sedang untuk memori internalnya yakni ROM 256 Mb dan RAM 128 Mb. DX900 juga mengadopsi slot Micro SD hotwap.
Pengujian : Melakukan uji coba performa beragam aplikasi secara multi tasking.
Nilai : 3.
Catatan : Kinerja aplikasi sangat jauh menurun dengan beban memori penuh atau kondisi baterai melemah. Saat kondisi baterai tinggal 30% muncul peringatan pada layar.

0 Responses to "Acer DX900"

Posting Komentar

tanks buat komenya