G-Von 920

Author: Web Phone information sources // Category:

Asyiknya Chatting via Video
Lupakan chatting konvensional. Saatnya ngobrol lebih seru dengan videochat. Itu yang jadi andalan ponsel ini untuk bersaing di tengah belantara ponsel qwerty dalam negeri.

Salah satu merek dalam negeri yang
turut mengeluarkan ponsel qwerty adalah G-Von. Melalui tipe terbarunya, G-Von 920, vendor lokal ini berharap dapat mengambil sebagian penjualan (market share) ponsel qwerty yang masih sangat diminati masyarakat. Fitur utama G-Von 920 ini antara lain kamera berkekuatan 5 Mpix, Push Mail, Google Maps, dan Real One Player. Tapi yang paling menyenangkan adalah fitur videochat ke sesama pengguna G-Von.

Beberapa situs jejaring sosial dan chatting juga telah dibenamkan langsung pada ponsel dual on ini, seperti Facebook, Twitter, Snaptu, eBuddy, dan Skype. Untuk sistem pencarian di internet, telah dipasangkan pula Google Search dan Opera Mini. Bekerjasama dengan operator XL, shortcut ke aplikasi khusus XL juga ada, yakni Funbook dan Xcitefun. Dipatok dengan harga Rp1.079.000, pembeli akan mendapat bonus perdana kartu XL, akses internet gratis 9 Mb, gratis bicara 90 menit, dan gratis 90 SMS.

DESAIN
Bukan hanya qwerty saja yang coba disuguhkan tipe ini, tapi juga kemiripannya dengan sang fenomenal BlackBerry. Seluruh bagian ponsel terbuat dari plastik berwarna hitam, mirip Bold. Hanya bagian kepala yang agak berbeda, kali ini mengadopsi Javelin. Empat sudut tumpulnya memberi kenyamanan saat digengam dan digunakan. Ukuran layar dirasa terlalu kecil, kurang seimbang dengan body keypad yang melebar.
Pengujian : Menggenggam dan menelusuri menu
Nilai : 3
Catatan : Body-nya yang lebar terasa agak kurang nyaman di tangan

KEYPAD
Susunan keypadnya serupa dengan ponsel qwerty lain. Bentuk dan besaran tiap tombolnya mirip Bold, sehingga mudah dijangkau dan enak dipencet ibu jari. Sebagai pengganti tombol navigasi 4 arah, disediakan trackball yang sangat sensitif. Selain trackball, hanya ada tombol menu, kembali, memanggil, dan memutuskan panggilan. Shortcut kamera berada di sisi kanan body bersama tombol pengatur volume.
Pengujian : Menelusuri menu dan mengirim SMS
Nilai : 3,2
Catatan : Tombol spasi harus ditekan agak ke bawah agar berfungsi

KAMERA
Andalan ponsel ini adalah kamera berkekuatan 5 Mpix. Hasilnya cukup lumayan, meski tidak setara dengan kamera digital dengan resolusi sama. Warna gambarnya kurang cerah. Meski sudah disetel resolusi tertinggi yakni 2560x1920 pixels, hasilnya tetap kurang memuaskan. Untung ada fitur pembantu kamera yang bisa disesuaikan keadaan yang ada, mulai dari efek, kontras, lampu kilat, scene mode, dll. Sebagai alternatif, kita juga bisa memilih kamera depan untuk memotret. Hasilnya lebih buram dibanding kamera utama, karena hanya 2 Mpix.
Pengujian : Memotret dan mengirim MMS
Nilai : 2,9
Catatan : Otomatis memperkecil ukuran foto yang dikirim melalui MMS.

KONEKSI
Kabel data yang diselipkan bisa menjadi pengantar kita berbincang di internet sambil melihat lawan bicara dengan fitur webcam. Bisa juga menjadi mass storage layaknya flashdisk, atau hanya pengisi daya semata. Bluetooth yang di-instal telah mendukung A2DP, sehingga kita bisa menggunakan headset Bluetooth tanpa kabel.
Pengujian : Mengirim file lagu melalui Bluetooth
Nilai : 3
Catatan : Koneksi GPRS ketika melakukan browsing cukup stabil, meski agak lamban.

PEMUTAR MUSIK & VIDEO
Aplikasi Real One Player sangat berguna ketika memutar video dengan bermacam format. Format file lagu dan video yang bisa dimainkan pun cukup bervariasi. Kualitas speaker audionya terbilang lumayan jelas. Menggunakan antena internal, kita tidak perlu memasangkan headset di jack audio 3,5 mm bila ingin mendengar radio. Bila ada siaran radio tertentu yang ingin direkam, kita bisa mengaturnya jadwalnya.
Pengujian : Mendengar musik di headset Bluetooth dan speaker ponsel
Nilai : 3
Catatan : Volume terkecil pun masih terdengar lantang

INTERNET
Shortcut ke Facebook, Twitter, dan Snaptu bisa bekerja dengan baik. Berkirim pesan singkat via dunia maya dengan video chat dan eBuddy juga terlaksana tanpa hambatan. Tapi mesin pencari yang di-instal yakni Opera Mini dan Google Search kurang berhasil saat ujicoba. Ketika tersambung ke internet, terbukti koneksinya stabil. Shortcut ke aplikasi khusus XL (Funbook & Xcitefun) adalah yang paling lancar. Membuka peta melalui Google Map terbilang lancar dan butuh waktu lebih lama guna mencerna hingga detil 100 Km dari permukaan.
Pengujian : Membuka email, chat di eBuddy, update Facebook
Nilai : 3
Catatan : Input address di Opera Mini tidak bisa digunakan

MESSAGING
Keunggulan G-Von 920 ada pada fitur videochat yang diusung. Melalui kamera depan berkekuatan 2 Mpix, kita bisa bertegur sapa dengan sesama pemakai G-Von. Tapi sayangnya, kita tidak bisa melakukannya jika lawan bicara sedang offline. Jadi, bukan seperti halnya video call. Selain SMS dan MMS, tipe ini juga mendukung Push email, tapi yang disediakan baru email Yahoo saja. Input teks beragam dalam menulis pesan SMS, dari Arab sampai Cina PinYin juga ada.
Pengujian : Mengirim SMS, MMS, Email dan chat
Nilai : 3,2
Catatan : Video chat tidak berhasil jika lawan bicara tidak aktif atau sibuk.

KINERJA
Secara keseluruhan, kinerja G-Von 920 terbilang baik. Fungsi teleponi, SMS, dan chatting sangat baik. Google Maps yang dibenamkan bisa sangat membantu tanpa ada kendala berarti. Selebihnya, mulai dari sensitivitas keypad hingga pembukaan aplikasi tertentu berjalan lancar. Ponsel qwerty ini bisa menjadi pilihan kita untuk harga yang terjangkau.

KINERJA BATERAI
Baterai berkekuatan 1000 mAh bisa bertahan hingga 1 minggu dengan pemakaian minimal. Dalam fungsi telepon, kita bisa berbincang-bincang hingga 5 jam dari keadaan baterai penuh

0 Responses to "G-Von 920"

Posting Komentar

tanks buat komenya