Samsung B7330 OmniaPRO

Author: Web Phone information sources // Category:

Basis Winmo 6.5 Tanpa HSDPA

Varian ponsel qwerty Samsung bertambah dengan kemunculan seri GT-B7330 Scala. Mengandalkan sistem operasi Windows 6.5 tapi minus konektivitas HSDPA.
Bagi vendor besar seperti Samsung, menghadirkan seri ponsel baru dengan bermacam varian lazim dilakukan. Salah satunya untuk kelas qwerty phone. Pabrikan Korea Selatan ini, selain merilis seri Omnia Pro GT-B7320, juga menghadirkan sekaligus seri GT-B7330, yang dijuluki Scala. Keduanya tampak mirip, meskipun jeroan dan fitur yang menyertai keduanya cukup berbeda.

Seri GT-B7330 tampil dengan layar terlihat lebih besar dibanding GT-B7320, yakni 47 x 47 mm. Soal kualitas, keduanya hampir mirip. Hanya pada seri B7330 resolusi layar lebih rapat, yakni 320 x 320 pixels. Dengan ukuran layar bujur sangkar seperti ini, ruang untuk menu ikonik yang disediakan bisa nyaman terlihat. Terlebih untuk menikmati sajian multimedia seperti hasil jepretan foto, layar seri ini tampak maksimal. Bekal sistem operasi Windows Mobile 6.5 memang menyediakan fasilitas baru seperti keberadaan Windows Market Place sebagai toko konten resmi Microsoft dan berbagai themes menarik. Berikut pengujian tim SELULAR pada produk ini :

DESAIN
Sekilas dari depan, nyaris tak ada perbedaan signifikan seri ini dengan B7320. Yang membedakan hanyalah material bahannya. Letak tombol keypad terbilang rapat, dengan ukuran tombol 0,5 x 0,5 cm terasa masih nyaman ketika digunakan untuk mengetik teks atau dokumen. Tak banyak instrumen di sekeliling ponsel, hanya ada tombol volume, port gabungan untuk charging-headset-data, dan port micro SD yang sifatnya hotswap.
Pengujian : Menjelajahi menu dengan mengeksplorasi tombol keypad dan navigasi empat arah.
Nilai : 3
Catatan : Port gabungan ini bentuknya tidak universal seperti port USB sehingga harus menggunakan colokan bawaan Samsung.

LAYAR
Seri ini dibekali dengan layar resolusi 320 x 320 pixels. Resolusi layar ini tampak terlihat oke ketika kita melihat hasil jepretan foto maupun saat memainkan games bawaan. Dengan layar yang lebar, tampilan halaman muka lengkap dengan widget pilihan tidak terlalu kecil sehingga nyaman dilihat.
Pengujian : Mengeksplorasi menu mypictures untuk melihat detail layar.
Nilai : 3,1
Catatan : Dalam ukuran font normal, layar bisa membuat 10 baris teks SMS

INTERNET
Untuk akses ke dunia maya, GT-B7330 memang kalah selangkah dibanding GT-B7320. GT-B7330 hanya dibekali akses via jaringan 3G dan belum HSDPA seperti GT-B7320. Namun begitu, soal aplikasi yang dibawa tetap komplet, seperti akses ke social networking Facebook, chatting lewat Palringo hingga RSS/Feed.
Pengujian : Mengupdate berita di situs berita The New York Times
Nilai : 3,1
Catatan : Sudah ada setting otomatis, sehingga ketika berganti SIM Card, ponsel langsung mengenali dan koneksi data terpasang otomatis.

KAMERA
Ponsel ini dibekali dengan kamera 3,2 Mpix tanpa flash. Kamera ini bisa berfungsi sebagai alat fotografi maupun perekam video. Meski tanpa flash, sejumlah fasilitas fotografi menyertai seperti pengaturan ISO, autofocus, macro, hingga pengaturan viewfinder. Untuk rekam video, ponsel ini memiliki resolusi maksimal 320 x 240 pixels.
Penilaian : Menggunakan kamera untuk memotret dengan resolusi maksimal di luar ruangan.
Nilai : 3
Catatan : Ada fasilitas photo slide untuk menikmati hasil foto lengkap dengan iringan musik.

RADIO FM
Fasilitas hiburan ini melengkapi GT-B7330 dengan kelengkapan antena eksternal. Sehingga untuk menikmati radio, kita harus memasang headset yang berfungsi sebagai antena. Ada pilihan pemindaian stasiun radio sekaligus menyimpannya hingga 40 stasiun. Fitur ini bisa berjalan multitasking, seperti menikmati radio sambil menikmati berita via RSS/Feed.
Penilaian : Mendengarkan siaran radio dari Smart FM 95,9 MHz via headset dan speaker
Nilai : 3,1
Catatan : Tidak ada mode rekaman siaran radio

MESSAGING
Sebagai ponsel dengan sistem operasi Windows Mobile, seri ini memiliki fasilitas lengkap untuk messaging. Selain SMS, MMS, dan Email, ada fasilitas instan messaging lewat aplikasi Palringo. Langkah mengaktifkan aplikasi ini cukup mudah, dan dapat digunakan untuk multi IM seperti YM, Gmail, MSN, AIM, hingga ICQ.
Penilaian : Menggunakan fasilitas chatting Palringo ke admin Palringo
Nilai : 3,2
Catatan : Ada fasilitas kirim foto saat chatting menggunakan aplikasi ini.

KONEKTIVITAS
Untuk koneksi ke perangkat digital lain, seri ini mengandalkan akses via Wi-Fi maupun bluetooth. Bluetooth bisa digunakan sebagai wahana lalu lintas data maupun dipakai sebagai koneksi lewat headset bluetooth. Selain itu bluetooth juga bisa dijadikan sarana menghubungkan ponsel sebagai modem lewat fitur internet sharing.
Penilaian : Mentransfer file musik format MP3 dari komputer ke ponsel selama 32 detik
Nilai : 3,2
Catatan : Selalu cek letak file yang telah dikirimkan ke ponsel karena terkadang untuk beberapa file dengan ekstensi tertentu, berada jauh di dalam root yang nyaris tak terdeteksi.

Kinerja
Secara umum ponsel ini menunjukkan kinerja lumayan. Hanya saja, dari pengujian yang dilakukan waktu start-up dan berpindah antar menu agak lambat. Boleh jadi mungkin dikarenakan software ponsel belum firm karena yang diujicoba bukanlah versi komersial. Sejumlah fitur berbasis internet melengkapi penggunaan ponsel qwerty ini, tak sekadar sebagai ponsel Facebook belaka.

Kinerja baterai
Ponsel ini menggunakan baterai Lithium Ion 3.7 v dengan kapasitas 1.500 mAh. Menurut klaim vendor, baterai ini mampu bertahan hingga 500 jam waktu siaga dan 4 jam waktu bicara. Dari pengujian, ponsel ini mampu bertahan hingga 2 hari untuk pemakaian multimedia normal.

0 Responses to "Samsung B7330 OmniaPRO"

Posting Komentar

tanks buat komenya