Nokia 7230; Slider Stylish, Fitur Tak Bombastis

Author: Web Phone information sources // Category:
Tak banyak ponsel mid-end Nokia yang berdisain slider. Salah satunya yakni model 7230. Dari dandanan bodi, tampaknya Nokia 7230 cenderung menyasar segmen kaum hawa. Ini terlihat dari tampilannya
yang glossy plus stylish, dan sedikit feminin.
Pemilihan warna cover hitam-grafit serta hot pink pun makin memperjelas target pasarnya. Ya sudahlah, mari kita bedah saja semua fitur yang ada di ponsel Nokia berbanderol Rp 1,375 juta-an ini.

Disain & Interface
Ukuran bodi Nokia 7230 tergolong sedang, tak bongsor. Dimensinya 9,8 x 4,8 x 1,5 cm, dengan bobot 100 gram, hingga relatif pas dalam genggaman. Adanya balutan lapisan metalik di lingkar luar serta lengkungan menjorok ke dalam pada tiap sisi logam memantulkan kesan feminim dan elegan.





Guna mengakomodasi tampilan antarmuka dengan pengguna, Nokia 7230 menyematkan layar TFT 262 ribu warna. Resolusi display 240 x 320 piksel (QVGA), yang bercokol pada diagonal 2,4 inci. Kualitas displaynya lumayan terang, hingga cukup memanjakan mata.



Jajaran menu terlihat cantik dengan shortcut yang bisa digeser ke kanan-kiri tanpa harus masuk ke menu (active standby). Alhasil, berbekal 4 tombol utama serta d-pad lembut Anda tetap dapat menjalankan menu meskipun tak memakai keypad.
Keypad alfanumerik tersembunyi dibalik bodi depan, dengan kontur dan grid sedikit menonjol. Relatif nyaman saat dipakai mengetik.

Multimedia
Ponsel ini dilengkapi kamera auto fokus 3,2 megapiksel (2048 x 1536 piksel) yang mampu melakukan perekaman video dengan resolusi QCIF (176x144 piksel) pada 15 fps.



Hasil jepretan kamera akan berbentuk file jpeg, sedang untuk video akan berformat MP4, 3GP, H.263 dan MPEG-4. Jepretan kamera atau rekaman video dapat langsung dikirim via MMS atau dibagi pakai secara online melalui Ovi Share.


Kualitas foto hasil jepretan kamera Nokia 7230 terlihat tak maksimal, malah bisa dibilang dibawah rata-rata untuk hasil foto kamera sekelasnya. Gambar terlihat kurang fokus, dengan gangguan noise yang cukup berlebih. Hasilnya, foto terlihat buram dan berkabut. Hasil serupa terjadi pada pemotretan indoor maupun outdoor. Bahkan, hasil video-nya pun tercatat tak jauh berbeda dari sisi kualitas.



Beralih ke pemuat musik. Nokia 7230 menyediakan audio player yang mendukung banyak format musik seperti MP3, WMA, WAV, NB AMR, WB AMR, MIDI, AAC, eAAC dan eAAC+. Jack audio 3,5 mm pun tersedia, sehingga pengguna dapat menggunakan headset ‘pasaran’ untuk mendengarkan musik. Untuk lebih merasakan sisi experience dalam mendengarkan alunan musik, ponsel ini pun memungkinkan akses mendengarkan musik via Bluetooth stereo (A2DP). Hanya, dari sisi keluaran suara terdengar standar, meski lebih baik dibanding ponsel lokal. Ya, paling tidak setingkat dibawah gelegar suara seri XpressMusic

Sementara itu, player video-nya terlihat biasa saja, standar ala Nokia. Kemampuannya pun rata-rata.

Fitur radio FM untuk alternatif hiburan pun disajikan, dengan kemampuan auto search dalam mencari gelombang frekuensi siaran radio. Memorinya mampu menyimpan hingga 20 stasiun radio.



Konektivitas & Internet
Untuk jalur koneksi dengan media lain, Nokia 7230 menyediakan kabel data mini USB, Bluetooth version 2.1 + EDR, yang sudah kita sebutkan di atas serta remote SyncML synchronisation. Kinerjanya terukur baik, tanpa kendala berarti. Baik untuk transfer lagu/file dari ponsel ke PC atau sebaliknya.



Sementara itu, sebagai jalur koneksi ke alam maya Nokia 7230 menggandeng network 3G. Ya, ponsel Nokia slider ini sudah mendukung akses cepat transfer data via jaringan generasi ketiga. Hasilnya, aksi browsing internet bisa berjalan cukup lancar, lebih kencang dari kanal GPRS.

Memang sih, ponsel ini sudah didukung 3G. Hanya saja, terasa kurang ‘greget’ tanpa hadirnya kamera video call.

Aplikasi dan Instalasi
Ponsel ini menyediakan akses ke portal Ovi Store, dimana penggunanya dapat mendownload konten yang ada di sana secara gratis, meski tetap harus membayar biaya akses GPRS-nya.


Untuk komunikasi via messaging, Nokia 7230 pun menyediakan aplikasi khusus untuk akses instant messaging dan email. Email yang tersedia secara default yaitu Ovi, Yahoo, Hotmail dan Gmail. Namun bila Anda memiliki akun yang lain, masih tersedia pengaturan tambahan.

Sebagai aplikasi hiburan tersedia game bawaan, seperti Snake III, Bounce II, Sudoku II dan Rally Start. Bila belum puas akan game-game tersebut, pengguna bisa mendowload game alternatif lain lewat Ovi Store.

Fasilitas standar seperti kalkulator dan alarm juga ada. Tersaji pula aplikasi di folder ‘collection’ seperti converter, Flickr, My Nokia, Opera Mini, Size Converter, Web Search serta World Clock. Ada pula aplikasi dictionary English to Chinese, untuk belajar bahasa Cina.


Meski tak menyertakan fitur GPS internal, Nokia 7230 memiliki fitur Nokia Maps, yang bisa berfungsi penuh kala disambungkan dengan piranti dongle Bluetooth GPS. Malah, dengan Nokia Maps ponsel bisa menentukan lokasi Anda dengan metode triangulasi jaringan. Layanan menemukan alamat serta kalkulasi rute jalan bisa tetap bekerja, dengan bantuan koneksi internet.

Memori
Memori internal ponsel ini sejatinya hingga 70 MB. Hanya saja selepas instalasi beragam konten, akan terbaca sebatas 45 MB. Guna memperluas daya tampung lahan penyimpan data ini, tersedia slot kartu microSD hingga kapasitas 16 GB.

Baterai
Sementara itu, sumber energi Nokia 7230 mengandalkan baterai standar tipe Li-Ion 860mAh (BL-4CT). Kemampuan baterainya terukur rata-rata, tak beda dengan ponsel lain berbaterai serupa. Untuk sekali charging (penuh), baterainya sanggup menghidupi ponsel hingga 2 hari, untuk pemakaian normal.

Harga
Rp. 1.375.000


Kamera
Ya
3G
Ya
Video Call
Tidak
Wi-Fi
Tidak
Memory Ext
Ya
Bluetooth
Ya
Email
Ya
Infrared
Tidak
Music Player
Ya
Browser
Ya
Video Player
Ya
Java MIDP
Ya
Video Recorder
Ya
GPS Intenal
Tidak
OS Terbuka
Tidak
Aplikasi Navigator
Ya
Radio FM
Ada
Quad Band GSM & 3G; dimensi: 98 x 48 x 14,8 mm, 100 gr; TFT 262K warna, 240 x 320 piksel, 2,4 inci; memori internal 45 MB, microSD hingga 16GB; GPRS Class 32, 100 kbps HSCSD, EDGE Class 32, 296 kbits, 3G 384 kbps; Kamera 3,15 MP autofokus (2048x1536 piksel), video record (QCIF @15fps); radio FM; Bluetooth A2DP; USB v2.0 microUSB; Game Java MIDP 2.0; Browser WAP 2.0/xHTML;
Li-Ion 860 mAh (BL-4C)
Paket penjualan: ponsel, baterai, kabel USB, charger, headset stereo, microSD card 2GB

0 Responses to "Nokia 7230; Slider Stylish, Fitur Tak Bombastis"

Posting Komentar

tanks buat komenya