Blackberry 7730

Author: Web Phone information sources // Category:

Ada Casing PenutupPlastik

Surat elektronik bagi sebagian perusahaan menjadi media penting untuk komunikasi. Tak cuma antar staf, keputusan penting pun kadang bisa diambil melalui e-mail. Seperti menandatangani dokumen penting, bisa dilakukan secara mobile lewat e-mail. Nah, peluang menyediakan layanan e-mail real time inilah yang dimanfaatkan operator Indosat menawarkan solusi BlackBerry.


DESAIN
BlackBerry 7730 hadir dengan tampilan casing berwarna hitam. Ada yang khas di PDA-Phone ini yakni disertakannya casing penutup plastik untuk menghindari gangguan ke peranti tersebut seperti terjatuh atau tergores. Dengan ukuran fisik 121 x 77 x 18 mm dan berat 142 gram membuat sosok Blackberry terlihat kokoh tapi tetap nyaman dipegang. Yang agak unik, beda dengan PDA-Phone lainnya, BlackBerry 7730 tidak dilengkapi dengan stylus pen untuk akses ke menu. Hal ini bisa dimengerti mengingat sistem operasi di PDA-Phone ini memang dibuat sendiri (proprietary) oleh RIM (Research In Motion) selaku pembuat BlackBerry.

LAYAR
PDA-Phone ini muncul dengan layar dengan kedalaman 65 ribu warna TFT 240x240 pixels. Ukuran layarnya cukup besar hingga bisa menampung 19 menu ikonik yang berjejer rapi di layar tersebut. Sama seperti PDA-Phone lain, BlackBerry 7730 juga dilengkapi backlit screen atau lampu penerang layar yang bisa di on-off sesuai keinginan. Bagi yang terbiasa menggunakan PDA-Phone berbasis Pocket PC atau Palm keluaran terakhir, tak perlu kaget karena ikon menu di BlackBerry 7730 terlihat kuno dan lebih mirip ikon PDA Palm versi awal.

KEYPAD
Perangkat ini dilengkapi papan keyboard QWERTY di bagian bawah layar. Untuk menulis pesan atau e-mail misalnya, keyboard ini lebih nyaman digunakan memakai dua tangan sekaligus. Sedangkan untuk pengoperasian menu, tersedia scroll yang terletak di sisi kanan atas. RIM menyebut scroll multifungsi ini sebagai trackwheel. Cara kerjanya cukup sederhana yakni menggerakkan trackwheel untuk berganti menu dan klik trackwheel untuk masuk ke sub menu yang dituju

EMAIL
Fitur surat elektronik menjadi kekuatan BlackBerry 7730. Selular mencoba layanan ini dengan kartu Matrix Indosat dan mencoba mengirimkan e-mail ke sebuah alamat e-mail gratis di yahoo. Waktu yang dibutuhkan cuma sekejap. Begitu pula ketika direplay balik ke PDA-Phone ini yang telah diset ke account e-mail yang juga gratis, waktu yang dibutuhkan sekitar lima detik. Tetapi tak perlu khawatir untuk keperluan corporate e-mail, surat elektronik ini bisa diset secara real-time, sehingga setiap e-mail masuk akan segera ada pemberitahuan atau notifikasi.

INTERNET
Saat dicoba memakai fitur ini, didapatkan hasil cukup cepat. Terbukti ketika membuka sebuah berita dari DetikCom tentang penganugerahan Selular Award 2004 cuma dibutuhkan waktu sekitar semenit. Dengan waktu ini, gambar yang dimunculkan layaknya di komputer karena dengan web browser yang dimiliki peranti ini, gambar-gambar yang memenuhi situs tersebut juga terpampang di layar PDA-Phone ini. Begitu pula ketika membuka situs berita Kompas.Com dan masuk ke rubrik Jalansutera. Dengan tampilan teks plus gambar, waktu yang dibutuhkan juga sama sekitar semenit.

MESSAGE
Uniknya untuk setiap aktivitas seperti berkirim e-mail, SMS, menerima atau melakukan panggilan telepon, semua tersimpan di menu message. Catatan yang tersimpan pun bisa cukup panjang hingga berhari-hari, dan untuk membedakannya ada sebuah ikon kecil di setiap catatan, misalnya gambar telepon bila ada panggilan telepon masuk. Meski ini memudahkan tapi terkesan agak memusingkan karena antara satu aktivitas dengan aktivitas lain tercampur menjadi satu

OFFICE
Berbagai aplikasi disediakan RIM di BlackBerry 7730. Misalnya Calender, Task, MemoPad, Alarm dan Calculator. Dengan tambahan software BlackBerry Desktop Manager, pengguna bisa melakukan auto setting backup, mail forwarding rules, setting sinkronisasi dan auto signature. Fungsi dari Desktop Manager ini juga bertambah dengan adanya application loader, artinya pengguna bisa melakukan tambahan, mengupdate, atau menghapus software di PDA-Phone ini. Khusus untuk e-mail, desktop manager bisa mengatur tampilan e-mail (misalnya dipotong seberapa bagian) dan melakukan sinkronisasi PIM (personal information management)

GAMES
Aspek hiburan juga tak ketinggalan dihadirkan di PDA-Phone ini. Cuma sayang, tidak seperti PDA-Phone lain yang memiliki banyak pilihan download games, di peranti ini games yang ada boleh dibilang sangat terbatas. Seperti games bawaan, cuma ada satu yakni Brickbreaker yang masuk kategori games out of date atau ketinggalan jaman

EMAIL
Konsep push email yang disediakan BlackBerry 7730 dan Indosat ini memungkinkan pemakai e-mail perusahaan bisa menerima e-mail layaknya SMS. Setiap e-mail masuk ke alamat pengguna akan muncul dalam bentuk notifikasi yang bisa dibuka langsung tanpa perlu melakukan proses penarikan terlebih dulu. Untuk mengakses layanan ini, pihak Indosat mengisyaratkan skema pemakaian korporat yang bervariasi dari sisi lamanya kontrak, biaya maupun jumlah pemakainya.

BATERAI
Dengan menggunakan baterai Lithium Ion, PDA-Phone yang bisa beroperasi di jaringan tripleband ini mampu bertahan hingga lima jam waktu bicara atau 9 hari waktu siaga. Dukungan 16 Mb flash memory dan 2Mb SRAM ini meski terlihat lebih kecil kapasitasnya dibanding PDA-Phone kebanyakan namun karena aplikasi e-mail BlackBerry yang relatif menghabiskan memori kecil tidak begitu membuat masalah memori akan terlalu penuh. Sementara dari sisi fitur, dengan sistem operasi proprietary pengguna juga sulit menambahi software-software khusus, kalaupun ada jumlahnya terbatas.

0 Responses to "Blackberry 7730"

Posting Komentar

tanks buat komenya