Blackberry 8707v

Author: Web Phone information sources // Category:

DESAIN

Blackberry tetap mempertahankan ciri khasnya yakni minus stylus. Untuk memudahkan navigasi, Blackberry memunculkan
keyboard built-in di bawah layar dan trackwheel. Keyboard inilah yang kemudian memicu desain Blackberry tampak konservatif dari seri ke seri –tak terkecuali 8707v-. Bentuk badan perangkat ini relatif lebih lebar dibandingkan PDA-Phone terkini yang kini banyak tampil seperti ponsel.

LAYAR

Layar seri ini berukuran 53x 38 mm dan mengusung teknologi TFT yang mampu menampilkan 65 ribu warna. Dampak penggunaan teknologi ini membuat tampilan menu 8707v dengan resolusi 320 x 240 pixels tampak jernih dan nyaman dilihat. Penampang layar ini cukup besar dan dapat menampung hingga 15 menu ikonik. Bahkan untuk SMS, layar ini mampu menampung 11 baris pesan sehingga sangat membantu bagi yang sering berkirim SMS panjang.

KEYBOARD

Dengan ukuran tombol 5x7 mm dan ruang antar tombolnya adalah 1 .mm membuat akses via keyboard terasa nyaman. Jari bisa leluasa mengakses tombol-tombol keyboard. Meski menggunakan QWERTY keyboard, kita mesti hafal dulu tombol apa yang digunakan bila ingin menggunakan pilihan tanda baca atau fungsi-fungsi lainnya. Karena itu, Blackberry menyediakan keyboard dengan petunjuk tulisan yang jelas misalkan dengan memencet tombol Alt untuk mengakses tanda baca atau angka.

SHORTCUT BUTTON

Ada beberapa tombol shortcut yang disediakan Blackberry di seri ini. Misalnya untuk tombol back, berada di bawah trackwheel sehingga memudahkan ketika akan kembali ke menu sebelumnya. Tombol shortcut lain yakni mute button untuk mengatur mikrofon on atau off selama melakukan atau menerima panggilan. Letak tombol ini di bagian atas kanan satu baris dengan tombol on-off. Sementara di sisi kanan ada tombol untuk membuka daftar profile. Tombol ini memungkinkan kita mengganti profile dari loud hingga vibrate.

PORT

Blackberry menyediakan port mini USB untuk berbagai keperluan seperti charging baterai ataupun berkomunikasi dengan komputer. Di atas port ini ada colokan headset dengan ukuran 2,5 mm yang memudahkan pengguna bila ingin berkomunikasi lewat headset. Letak headset jack ini sengaja di letakkan di tepi atas untuk mempermudah saat kita ingin mengantongi perangkat mobile office ini.

PUSH EMAIL

Ini menjadi salah satu keunggulan seri Blackberry termasuk 8707v. Selain email dari Blackberry Server, di 8707v tersedia pula kustomisasi untuk mengecek email gratisan semacam Yahoo atau Google Mail. Untuk mengaktifkannya, kita hanya mengisi beberapa langkah set-up saja dengan mengisi user ID dan password. Selanjutnya bila sudah terkonfirmasi maka layanan push email bisa langsung dinikmati. Mengasyikkan, seperti yang dirasakan Selular ketika 8707v bisa menampilkan email serasa SMS. Tak cuma itu, attachment file-nya pun bisa didownload dengan tampilan persis seperti untuk dokumen ataupun gambar.

ADDRESS BOOK

Di dalam Blackberry kita bisa menyusun buku alamat dengan komplet. Ada banyak field yang bisa diisi mulai dari nama, alamat, hingga nomor telepon baik kantor, rumah, maupun mobile. Sama seperti yang ada di PDA-Phone berbasis Windows, kita pun bisa memberi notes pada setiap satu alamat baru yang dibuat.

INTERNET

Bekal 3G membuat akses internet berjalan lebih cepat ketimbang yang menggunakan GPRS. Browser yang digunakan adalah milik Blackberry dengan beberapa kemampuan seperti mampu menghadirkan bahasa WML dan HTML sekaligus menampilkan gambar. Seperti ketika dicoba Selular masuk ke situs berita Okezone.com waktu yang dibutuhkan hanya enam detik untuk masuk ke berita utama situs ini. Hanya jangan bingung ketika saat membuka pertama kali, akan muncul pilihan bahwa situs menggunakan banyak frames dan kita disodori pilihan memilih frame yang mana. Ikuti petunjuk tersebut maka kita bisa langsung tersambung ke berita yang diinginkan

KALENDER

Dua fungsi yang sering melekat di perangkat nirkabel ini tak luput hadir di seri ini. Untuk fungsi calendar, Blackberry memunculkan calendar yang mirip seperti di Palm dengan field yang bisa diisi. Termasuk untuk mengatur agenda atau melihat bulan dan tahun yang dikehendaki. Kita cukup menekan trackwheel untuk melihat beragam fungsi yang dimiliki menu calendar ini. Sementara untuk alarm kita bisa mengeset alarm harian lengkap dengan pilihan tune yang suaranya cukup nyaman di telinga. Kalaupun kurang keras, kita juga bisa menambahkan volume yang dikehendaki.

GAME

Blackberry memberi satu game bawaan di 8707v yakni brickbreaker. Game klasik dengan memecahkan susunan bata ini cukup menghibur di waktu luang. Untuk memenangkannya, kita harus menghancurkan sebanyak mungkin susunan bata. Selain brickbreaker, kita juga bisa menambahkan game baru. Hanya saja proses instalasi game baru ini tidak semudah bila menggunakan PDA-Phone berbasis Palm ataupun Windows.

KEYBOARD LOCK

Untuk melindungi data dari orang yang tidak berhak, Blackberry menyediakan fasilitas penyimpanan password. Caranya gampang, cukup klik ikon password keeper yang bergambar lemari besi dan masukkan kata sandi yang dipilih, urusan keamanan beres. Sedangkan untuk menghindari agar keyboard tidak terpencet dengan sengaja ada pilihan mengunci keyboard dengan mengklik ikon gembok.

PERSONALISASI

Ada beberapa menu personal yang bisa ditambah atau dikurangi. Untuk themes dan wallpaper misalnya telah tersedia beberapa yang sudah pre-installed. Bila ini dirasa kurang, kita bisa mendownload-nya langsung ke situs yang sudah disediakan Blackberry. Themes misalnya, Selular mencoba mengambil satu theme di internet, waktunya cukup cepat dan hasilnya oke.

SHORCUT ICON

Ada dua shortcut icon yang tersedia yakni untuk mematikan mode nirkabel dan mematikan ponsel. Penggunaan ikon ini menggampangkan operasional sehingga cukup dengan satu kali klik, kita bisa langsung mematikan ponsel atau menggunakannya untuk flight mode.

KINERJA

Kualitas penangkapan sinyal ini termasuk baik termasuk untuk masuk ke jaringan 3G. Meski hanya satu bar yang didapat, koneksi internet berjalan lancar tanpa hambatan. Suara yang terdengar ketika menelepon cukup jernih, apalagi ada mode speakerphone untuk memudahkan saat kita berkendara.

BATERAI

Perangkat ini menggunakan baterai Lithium Ion 3,7 volt keluaran Jepang. Dengan kapasitas 1500 mAh, baterai ini bisa bertahan hingga 400 jam waktu siaga atau 4 jam waktu bicara. Dalam ujicoba pemakaian, dibiarkan dalam keadaan standby selama sehari penuh baterai hanya berkurang 15% dari kondisi penuh. Konsumsi baterai tidak terlalu besar namun ini sangat bergantung dari kondisi pemakaian.

0 Responses to "Blackberry 8707v"

Posting Komentar

tanks buat komenya