BlackBerry 8520 Gemini

Author: Web Phone information sources // Category:

Calon Idola Baru Bernama Gemini

Digadang-gadang bakal tampil sebagai primadona BlackBerry baru. Tidak menggunakan trackball yang jadi trademark BlackBerry, gantinya adalah optical mouse untuk navigasi

Mendapat
respon yang bagus di pasar dalam negeri, agaknya membuat RIM (Reesearch In Motion) antusias memperkenalkan seri-seri baru BlackBerry di Tanah Air. Kali ini pabrikan asal Kanada itu ambil ancang-ancang untuk merilis seri baru, Curve 8520, yang juga punya julukan Gemini. Setelah Bold yang sukses besar dan Storm, yang keduanya masuk segmen atas tersebut, tampaknya Gemini dipersiapkan untuk segmen di bawahnya, yakni segmen menengah.

Ada sesuatu yang baru yang dihadirkan Gemini. Yakni, optical mouse sebagai pengganti trackball. Optical mouse inilah yang menjadi salah satu keunikan seri teranyar keluarga Curve ini. Selain terlihat lebih futuristik, respon optical mouse ini juga menunjukkan performa dan gaya yang lebih menarik. Untuk kemudahan akses fitur multimedia, disediakan beberapa tombol shorcut pada sisi-sisi bodinya. Misalnya tombol shorcut untuk fitur kamera terletak di sisi sebelah kanan, kemudian tombol fungsi audio player terletak di sebelah atas, lengkap untuk play, pause, forward, dan back. Sedangkan tombol untuk mengontrol volume suara terletak di bagian kanan atas. Melihat harganya yang kabarnya akan lebih terjangkau ini, boleh jadi Gemini bakal jadi idola baru BlackBerry mania.

DESAIN
Perawakannya sedang-sedang saja, cukup pas di genggaman. Warna hitam menyelimuti seluruh bodinya. Tak terlihat material dari logam, lebih banyak bahan plastik dan unsur karet, yang menyebabkan bodinya menjadi ringan. Unsur material karet terletak di sisi-sisinya, dan kentara sekali di bagian belakang. Penutup baterainya jelas sekali terbuat dari bahan plastik yang tidak terlalu tebal. Dua port penting, yaitu miniUSB (data dan charging) dan port audio 3,5 mm terletak di bagian sisi kiri.
Pengujian: Meneliti seluruh bodi bagian luar dan dalam
Nilai: 3,3
Catatan: Slot memori eksternal terletak di bagian dalam, sehingga harus membuka back cover terlebih dahulu untuk memasang atau mencopotnya.

LAYAR
Spesifikasi ketajaman layar memang hanya 65.000 warna dengan menggunakan bahan TFT (thin film transistor). Saat diuji memutar sampel video dan foto, hasilnya cukup menakjubkan, jernih sekali. Ukuran diagonal 2.46 inci, panjang 38 mm dan lebar 50 mm, terasa cukup nyaman untuk melakukan aktivitas membaca email, browsing, dan lainnya.
Pengujian: Memutar video hasil rekaman kamera ponsel dengan kualitas 320 x 240 pixels
Nilai: 3,5
Catatan: Di bawah sinar lampu dan di outdoor layar masih terlihat baik.

KAMERA
Kekuatan kamera yang dibekali berkaliber 2 Mpix, mampu menghasilkan foto hingga 1600 x 1200 pixels dan rekam video hingga 320 x 240 pixels dengan format .3gp. Kualitas foto tidak begitu tajam jika dilihat di komputer, namun cukup baik tampil di layarnya. Hasil rekam video cukup jernih ditampilkan di layarnya, namun kurang jernih jika di putar di layar komputer. Untuk rekam video minim sekali fitur pendukungnya, begitupun untuk fotografi hanya tersedia white balance, pengaturan resolusi, dan sedikit efek.
Pengujian: Memotret outdoor dan merekam video indoor.
Nilai: 3,1
Catatan: Belum dilengkapi dengan flash light.

INTERNET
Akses internet bisa dengan berlangganan paket BIS (BlackBerry Internet Services) maupun lewat WiFi/WLAN. Browser andalannya buatan RIM sendiri versi 4.6.1. Performanya tak diragukan lagi karena memiliki kompresi yang unik dan ringan. Sehingga meski berjalan pada GPRS atau EDGE cukup nyaman untuk berkelana di dunia maya. Terdapat fasilitas untuk menyimpan halaman (save page) website yang telah dibuka, history, bookmarks, dan recent pages.
Pengujian: Membuka halaman situs m.kompas.com secara penuh membutuhkan waktu 14 detik
Nilai: 3,3
Catatan: Memiliki fasilitas zooming/pembesaran untuk membaca lebih jelas

EMAIL
Inilah yang menjadi keunggulan utama BlackBerry, dukungan push email dari servernya dan jaringan mitra operator membuat layanan ini diminati pelanggannya. Mengirim dan menerima email semudah SMS. Lagipula mendukung beragam protokol email gratisan maupun berbayar seperti Yahoo!Mail, Gmail, Hotmail, dan enterprise hingga menampung 10 akun. Bila tak ada sinyal operator, masih bisa menerima email lewat WiFi secara push mail.
Pengujian: Memasukkan akun Yahoo!Mail dan Gmail
Nilai: 4
Catatan: Setting akun email sangat mudah, cukup masukkan alamat email dan password dari menu> setup > email settings.

INSTANT MESSAGING
Fitur ini juga menjadi andalan bagi penggunanya. BlackBerry Messenger kini sangat populer untuk mengirim pesan sesama penggunanya, cukup bertukar nomor PIN untuk menambah contact. Selain itu masih didukung pula oleh aplikasi instant messenger lainnya seperti Yahoo!Messenger, Windows Live Messenger, dan Google Talk.
Pengujian: Mengunduh aplikasi Yahoo!Messenger dari mobile.blackberry.com
Nilai: 4
Catatan: Urusan chatting dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan dapat sinyal GPRS dan Wifi.

MUSIK
Ciri-ciri ponsel yang serius untuk hiburan salah satunya adalah dengan membenamkan pemutar musik, apalagi dilengkapi dengan dedicated key (tombol khusus pemutar musik) yang terletak di bagian atas. Ponsel ini memiliki kemampuan multitasking, sehingga sambil memutar musik bisa update Facebook dan browsing situs berita lokal maupun internasional.
Pengujian: Memutar beberapa lagu sambil update Facebook dan chatting
Nilai: 3,09
Catatan: suara dari speaker cukup keras

VIDEO
Aplikasi pemutar video mampu memutar berkas video dengan format 3gp dan mp4. Pada saat kami uji untuk memutar berkas video berformat avi, hanya audio yang keluar, tak ada gambarnya. Untuk memutar video, layarnya mampu menampilkan gambar secara full screen. Mampu memutar berkas video dengan resolusi 640 x 480 pixels, hasil rekaman dari ponsel lain.
Pengujian: Memutar video dari hasil rekaman kameranya dan berkas video dari perangkat lain
Nilai: 3
Catatan: Tersedia pilihan repeat dan replay saat memutar berkas video

OFFICE
Aplikasi untuk mengolah dokumen kantoran seperti Word, Excel, dan PowerPoint telah tersedia pre-instal Documents To Go buatan Data Viz. Untuk mengaktifkannya kita tinggal register secara cuma-cuma. Documents To Go versi gratis ini hanya bisa membuka dokumen, sedangkan untuk dapat membuat dokumen baru harus membelinya (full version).

0 Responses to "BlackBerry 8520 Gemini"

Posting Komentar

tanks buat komenya