BlackBerry Bold

Author: Web Phone information sources // Category:

Lebih Elegan dan Bertenaga

Pecinta BlackBerry makin dimanjakan dengan kehadiran BlackBerry Bold. Smartphone yang bikin ketagihan ini fitur dan desainnya makin memikat.

Di Tanah Air, BlackBerry kini jadi ikon gaya hidup baru di perkotaan. Dengan perangkat ini, koneksi ke internet makin mudah. Browsing, chating, cek email atau update situs jejaring sosial seperti Facebook bisa dilakukan dari genggaman. Satu produk mutakhirnya adalah Blackberry Bold.


Seri ini tampil lebih elegan, terlihat dari balutan bahan kulit di bagian belakangnya. Barisan keypad QWERTY dibuat lebih datar dan terkesan rapi menyatu dengan bodi. Warna hitam dominan menyelimuti, diselingi bahan metal berwana silver di sisi-sisinya. Di sisi-sisinya tersebar tombol shorcut volume, kamera, port USB, slot memori, standby mode dan voice dialling.

Julukan cantik luar dalam rasanya tak berlebihan. Selain lebih elegan, BlackBerry Bold juga lebih bertenaga karena sudah ditancapkan prosesor next generation 624 Mhz dan memori internal 1GB. Sehingga mampu diandalkan untuk browsing dan pekerjaan multitasking. Lebih spesial lagi untuk koneksi internet bisa lewat jalur cepat 3G/HSDPA dan WiFi. Berikut penelusuran tim SELULAR pada fitur-fitur BlackBerry Bold.

MESSAGING
Saat ini smartphone yang piawai untuk urusan messaging tak salah jika dialamatkan pada BlackBerry. Dalam perangkat ini kita bisa dengan mudah memasukkan hingga 10 account email. Selain itu juga mendukung attachment file berekstensi .jpg, .pdf, .doc, .xls dan .ppt
Pengujian : Membuat account email seperti mail.selular.co.id, Gmail dan Yahoo!Mail
Nilai : 4,6
Catatan : Tersedia setting otomatis, kita hanya memasukkan username dan password

LAYAR
Layarnya memiliki ketajaman 65 ribu warna berbahan transmissive TFT LCD dengan ukuran resolusi 480 x 320 pixel. Mampu memainkan video klip dengan jernih dan halus sekualitas DVD. Tapi jika file video maupun foto kurang baik, ketajaman layarnya tidak terlihat maksimal.
Pengujian : Memutar video klip film Speed Racer
Nilai : 3,8
Catatan : Tampilan layar masih terlihat jelas dan terang meski di bawah sinar matahari

MUSIK PLAYER
BlackBerry Bold selain cerdas juga tak meninggalkan fitur hiburan seperti pemutar musik. Bahkan mendukung beragam format audio seperti MP3, .3gpp, WMA, MIDI, AAC, AAC+, eAAC+. Kualitas speaker yang terletak di bagian depan termasuk oke, karena mampu menghasilkan suara dengan jernih ketika memutar musik. Bold juga memiliki port audio headset 3,5mm dan mendukung headset bluetooth stereo A2DP
Pengujian : Membuat playlist dan memutar lagu-lagu berformat .mp3
Nilai : 3,3
Catatan : Kualitas headset kurang maksimal

KAMERA
Walau masih berkualitas 2 Mpix, tapi kamera Bold memiliki kelebihan fasilitas geotagging. Yaitu hasil foto dapat memiliki metadata EXIF di lokasi pemotretan. Karena fitur kamera ini dapat disinergikan dengan modul GPS yang ada di smartphone ini. Selain itu masih dilengkapi dengan flash light untuk membantu pencahayaan dalam kondisi minim cahaya
Pengujian : Memotret dengan mengaktifkan fitur geotagging di Blok M Jakarta Selatan
Nilai : 3
Catatan : Fitur geotagging hanya bisa dilakukan pada kondisi outdoor.

GPS dan GOOGLE MAPS
Tak perlu takut nyasar di belantara kota, karena GPS yang ada di BlakcBerry Bold siap memandu kita. Saat mencari sinyal satelit juga tak terlalu lama hanya butuh waktu 1-2 menit, padahal cuaca sedikit mendung. Peta digital yang menyertainya adalah Blackberry Maps yang dapat diandalkan mencari alamat. Selain itu juga sudah tersedia Google Maps dalam format citra satelit.
Pengujian : Menguji mencari posisi kantor Selular pada BlackBerry Maps
Nilai : 4
Catatan : Menggeser-geser peta digital memerlukan rendering time

MOBILE OFFICE
Aplikasi untuk pekerjaan kantoran yang sudah dibenamkan adalah Document To Go yang kompatibel dengan MS Word, Excel dan PowerPoint. Kita dapat membuka, membuat dan mengedit file dari smartphone ini. Jadi bila dalam situasi urgent tak perlu kembali ke kantor untuk sekedar mengedit dan mengirim email sebuah dokumen penting.
Pengujian : Membuka dan mengedit file PowerPoint berukuran 20MB
Nilai : 3
Catatan : Belum kompatibel dengan MS Word 2007.

INSTANT MESSAGING
Bagi yang suka chatting, memakai BlackBerry Bold sangat dimanjakan. Karena banyak pilihan baik lewat Yahoo! Messenger, BlackBerry Messenger maupun GoogleTalk. Lagi pula bisa “online” 24 jam, hanya dengan memasukkan username dan password di mana saja asal minimal ada sinyal GPRS dari operator yang dipakai.
Pengujian : Chatting menggunakan Yahoo!Messenger
Nilai : 3
Catatan : Fasilitas YM hampir mirip di komputer PC, tapi tidak ada fasilitas webcam

KONEKTIVITAS
Untuk bertukar data atau file dengan perangkat lain (PC/ponsel) BlackBerry Bold dilengkapi dengan kabel mini USB dan bluetooth. Kabel USB dapat digunakan untuk sinkronisasi data dan charging. Sedangkan bluetoothnya bisa untuk handsfree dan stereo headset A2DP.
Pengujian : mengirim file MP3 melalui kabel USB, mengirim foto melalui bluetooth ke ponsel lain.
Nilai : 3
Catatan : dilengkapi desktop software untuk sinkronisasi kalender, address book, task dan memo

MEDIA
Dari menu media kita dapat memutar musik/video, membuka gambar dan membuat voice notes (audio recorder). Karena dukungan layarnya yang jernih memutar video menjadi lebih seru, gambar bening dan halus sekualitas DVD serta audio yang bagus.
Pengujian : memutar file audio/video, membuka file foto
Nilai : 3
Catatan : mendukung file video DivX, WMV, H.263 dan H.264

INTERNET BROWSING
Berselancar internet menjadi lebih nyaman, karena mendukung format HTML dan video streaming 3gpp RTSP. Pilihan menu di browsernya hampir selengkap yang ada di desktop PC seperti save pages, bookmark dan lain-lain. Uniknya ketika membaca halaman website bisa diperbesar atau diperkecil (zooming).
Pengujian : Membuka halaman website
Nilai : 3,8
Catatan : saat melihat website yang memiliki konten video streaming akan otomatis berpindah dalam format WAP.

0 Responses to "BlackBerry Bold"

Posting Komentar

tanks buat komenya