BlackBerry 9500 Storm

Author: Web Phone information sources // Category:

Say Goodbye to Qwerty Keypad

Handset BlackBerry paling gres ini tak lagi memakai trackball untuk navigasi, penggantinya adalah layar sentuh dengan teknologi SurePress. Keunggulan push email, instant messenger, dan browsing tetap menjadi andalan.


Jauh hari sebelum peluncuran resminya di Indonesia, BlackBerry Storm 9500 sudah digadang-gadang akan membawa kejutan. Disebut-sebut bakal membawa warna baru pada lini produk yang asal-usul sebenarnya adalah perangkat pendukung kerja bagi kalangan korporat ini. Dan betul, ketika diperkenalkan belum lama ini, Storm memang tampil benar-benar beda. Penuh kejutan, karena seri baru ini tampil modis, sama sekali menghilangkan kesan sebagai perangkat fungsional, serta mengandalkan sepenuhnya pada layar tekan, yang oleh produsennya dinamakan teknologi SurePress. Hilang sudah qwerty keypad dan trackball yang selama ini jadi andalan navigasi dan input teks.

Tapi itu juga masalahnya. Selama ini BlackBerry dikenal sebagai perangkat fungsional untuk buka dan kirim email, edit dokumen, SMS dan chatting. Yang semua itu lebih nyaman dilakukan dengan qwerty keypad dan trackball. Sehingga, ketika qwerty keypadnya berubah menjadi keyboard virtual, trackball berubah menjadi sapuan dan tekanan jari pada layar, tentu butuh adaptasi lagi bagi penggunanya. Yang belum tentu juga membuat makin nyaman.

DESAIN
Benar-benar sudah tampil modis dan memperhatikan aspek lifestyle. Jauh dari desain BlackBerry seri awal, yang kaku dan kurang menarik. Desainnya mirip LG Viewty atau Samsung Omnia. Bagian muka sepenuhnya didominasi layar, dengan hanya menyisakan sedikit untuk penempatan tombol panggil dan tolak panggilan. Kalau tak ada merek BlackBerry tertera di bagian depan, niscaya tak akan menyangka kalau perangkat satu ini adalah sebuah BlackBerry.
Pengujian:
Nilai
Catatan:

MESSAGING
Salah satu yang membuatnya unggul adalah layanan push email dan instant messaging yang selalu “On”, tergantung jaringan operator. Akun email yang bisa kita masukkan cukup beragam, baik yang mendukung korporat maupun akun email gratisan seperti Yahoo!Mail, Gmail, atau Hotmail. Dan mendukung beragam format attachment. pengaturan akun email sangat user friendly, cukup memasukkan username dan password.
Pengujian: Memasukkan akun email Yahoo!Mail
Nilai: 3,5
Catatan: Untuk fungsi ini, Anda harus membiasakan diri menggunakan tombol virtual.

LAYAR
BlackBerry mencoba bermain di ranah toucscreen dengan seri ini. Ketajaman dan ukuran layar tak usah diragukan lagi. Storm membawa inovasi yang dinamakan SurePress™, yang basic-nya adalah teknologi layar sentuh. Namun perbedaannya, Anda harus menekan ikon di layar untuk melakukan input command (termasuk mengetik pesan). Ketika ditekan, akan terasa layar bergoyang. Jangan khawatir, itu bukan karena layar yang rusak, tapi rancangannya memang seperti itu. Layar juga dibekali accelerometer, yang membuat posisi tampilan layar berubah sesuai posisi handset. Respon layar juga sangat bagus.
Pengujian: memutar video clip thriller film Babylon A.D di dalam ruangan
Nilai:3,8
Catatan: Ada celah antara layar dan bingkainya, yang merupakan bagian dari rancangan SurePress™. Tapi itu malah beresiko kemasukan debu dan kotoran lain.

MUSIK PLAYER
Pemutar musik menjadi salah satu sisipan hiburan multimedia. Antarmuka dan fasilitas pemutar musik ini cukup serius dibuat dan mudah dioperasikan dengan tekanan jari. Optimalisasi kualitas suara yang keluar bisa diatur dengan mengutak-atik equalizer atau bass booster. Menjangkau fitur ini juga mudah, dari menu utama kita bisa pilih sub menu Music. Kualitas suara dari speaker yang terletak di belakang layak mendapat acungan jempol. Selain itu juga sudah didukung oleh jack 3,5 mm headset dan koneksi bluetooth A2DP stereo.
Pengujian: Memutar musik MusicDemo-World Travel
Nilai:3,3
Catatan: Tidak ada tombol shorcut (dedicated key) untuk pemutar musik.

KAMERA
Dengan kualitas 3,2 Mpix rasanya lebih dari cukup untuk mengupload foto di Album Facebook karena foto yang dihasilkan dengan pengaturan resolusi maksimal, mencapai 400-500kb. Meski dilengkapi flash light, optimalisasi fitur fotografi tidak terlalu lengkap, namun memiliki kelebihan fitur geo-tagging, yaitu untuk merekam kordinat lokasi pemotretan (outdoor) di bumi via satelit. Selain itu juga bisa merekam video dengan resolusi maksimum 480x352 pixel.
Pengujian: memotret di lokasi indoor dengan mengaktifkan geo tagging dan image stabilizer.
Nilai: 3,2
Catatan: Kualitas ketajaman hasil foto dan video tergantung kondisi pencahayaan di lokasi.

MOBILE OFFICE
Aplikasi kantoran tak ketinggalan melengkapi perangkat ini. Documents To Go buatan DataViz mampu membaca, membuat, dan mengedit berkas kantoran seperti Word, Excel, dan Power Point. Dalam unit ini tersedia pre-instal dengan masa trial 30 hari, bila ingin full version (Premium Edition) mesti merogoh kocek US$ 49.99.
Pengujian: mengetik dengan menggunakan aplikasi Word
Nilai:4
Catatan: Sekali lagi, Anda harus terbiasa menggunakan tombol virtual ketika mengedit dokumen.

INSTANT MESSAGING
Apapun akun instant messenger Anda, BlackBerry sanggup memuaskannya. Dalam sub menu Instant Messaging, kita disajikan pilihan untuk menggunakan Windows Live Messenger, Yahoo! Messenger, Google Talk, atau BBM (BlackBerry Messenger). Tampilan dan fitur-fiturnya mirip yang ada di versi desktop. Tapi, lagi-lagi kita mesti terbiasa dulu dengan mengetik di layar sentuh model baru ini.
Pengujian: Menggunakan Yahoo!Messenger
Nilai:3,5
Catatan: saat mengetik pesan, keyboard virtual QWERTY lebih mendominasi layar.

MEDIA
Di sub menu ini adalah tempat berkumpulnya fitur hiburan dan multimedia, seperti memutar musik, ringtones, video, melihat gambar, dan membuat catatan (merekam) suara. Kualitas dari kelima fitur multimedia ini terbilang oke, tapi belum disediakan alternatif hiburan lain seperti Radio FM. Berkas-berkas foto, video, dan hasil rekaman suara bisa di-share ke ponsel lain lewat bluetooth.
Pengujian: melihat foto, memutar video dan musik, merekam suara.
Nilai:3,1
Catatan: hasil rekaman suara cukup jelas.

INTERNET BROWSING
Menjelajah jagat maya memang menjadi keunggulan perangkat BlackBerry karena memiliki kompresi yang unik, sehingga tidak terlalu rakus memakan data dan efeknya membuka halaman web lebih ringan, apalagi Storm mampu pula berlari di jalur 3G. Tapi, hal itu tergantung pula pada tingkat trafik pelanggan yang mengakses secara bersamaan.
Pengujian: membuka halaman website Yahoo! dan m.youtube
Nilai:3,6
Catatan: bila jaringan sedang tinggi trafiknya, membuka yutube cukup lama.

0 Responses to "BlackBerry 9500 Storm"

Posting Komentar

tanks buat komenya