LG GB230

Author: Web Phone information sources // Category:

Slider Klasik

Dirancang sebagai ponsel menengah yang memiliki kemampuan multimedia standar. Cukup menyenangkan meskipun beberapa fiturnya bukan kategori terbaik di kelasnya.

Belakangan ini rasanya agak kurang
terdengar hembusan isu produk baru dari markas LG Mobile Indonesia. Namun bukan berarti LG Mobile lagi adem ayem. Buktinya, mereka masih sempat memperkenalkan sebuah ponsel slider klasik sebagai satu seri barunya. Seri GB230 ini memang berwajah slider klasiknya LG, mirip dengan slider-slider awal keluaran vendor Korea Selatan ini.

Tapi tentunya jeroannya tidak ikut-ikutan klasik. Paling jelas adalah muatan multimedia yang ada. Mulai dari radio FM hingga akses internet tersedia, meski bukan dari kategori terbaiknya. Seperti kamera yang hanya 2 Mpix, internet yang hanya melaju di jalur GPRS, serta kapasitas tampung memori yang hanya 6 MB, dan dukungan memori luar yang cuma sebatas 2 GB.

DESAIN
Berwajah slider LG ”tempo doeloe” yang masih menyenangkan untuk dipandang. Ukuran dan beratnya tetap enak dalam genggaman. Struktur rel foldernya kokoh, yang membuat pergerakan foldernya juga mulus. Tak banyak tombol ekstra di sisi body. Hanya ada tombol volume serta dua port untuk memory card dan port multiguna.
Pengujian: Menelusuri rancang dan desain, serta menggenggam ponsel.
Nilai: 3
Catatan: Saat charging ponsel masih tetap nyaman digenggam tanpa terganggu kabel, karena letak port yang berada di bagian atas.

KEYPAD
Jajaran keypad berada di balik folder muka, yang baru muncul bila folder muka digeser ke atas. Ukuran dan bahan tombol cukup enak saat ditekan. Persoalan sebuah ponsel slider adalah, ketika folder muka digeser, maka keseimbangan berat ada di bagian kepala ponsel, dan ini membuat kurang nyaman ketika menggunakan keypad.
Pengujian: Mencermati tombol, menekan tombol
Nilai: 2,8
Catatan: Dekat tombol navigasi, ada dua tombol khusus untuk shortcut ke fungsi kamera dan radio.

LAYAR
Sedikit mengherankan ketika menemukan bahwa tampilan layar ponsel ini tidak seperti standar kualitas layar ponsel LG seperti biasanya, yang sebetulnya jago untuk urusan ketajaman layar. Dengan& jenis layar dan kedalaman warna yang dimiliki, mestinya tampilan layar terang dan tajam. Namun ternyata tak begitu tajam.
Pengujian: Menampilkan hasil foto dan wallpaper
Nilai: 3
Catatan: Sayangnya juga, ukuran layar sangat standar.

KAMERA
Kualitas kamera tergolong standar saja. Kemampuan kamera 2 Mpix memang tak bisa menghasilkan foto yang hebat. Namun cukup memadai kalau sekadar untuk mendokumentasikan momen-momen tertentu. Meski tak dilengkapi flash, namun kemampuan memotret dalam ruang masih cukup baik.
Pengujian: Memotret dalam ruang dengan kondisi cahaya cukup
Nilai: 2,9
Catatan: Ada tombol shortcut kamera di dekat tombol navigasi

MESSAGING
Fitur ini merupakan satu dari sedikit bagian terbaik dari ponsel ini. Untuk pesan teks, misalnya, mampu menampung hingga 1600 karakter. Dilengkapi dengan fasilitas insert yang lebih user friendly, berupa list jenis file yang bisa diinsert, mulai dari ikon hingga file video.
Pengujian: Membuat peasn teks dengan insert foto
Nilai: 3,2
Catatan: Sayangnya ruang layar untuk tampilan teks sangat kecil.

MEMORI
Memiliki ruang memori internal sebesar 6 MB. Kapasitas sebesar ini sebenarnya pas-pasan untuk sebuah ponsel berfitur multimedia. Sebagai gambaran, satu file lagu format MP3 saja bisa menghabiskan ruang sebesar 4 MB. Untunglah memori didukung memori eksternal dengan kapasitas hingga 2 GB.
Pengujian: Menyimpan file di ruang memori internal dan eksternal
Nilai: 3,3
Catatan: Daya tampung misscaled, received, dan voice calles termasuk istimewa

MUSIK
Bukan dari kelas terbaiknya LG Mobile. Kemampuan baca file musicnya juga terbatas, hanya dua jenis file (MP3 dan WAV). Suara yang keluar dari speaker cenderung pecah dan noisy, terutama ketika volume disetel maksimal. Kualitas suara akan lebih baik bila menggunakan headset. Pengatur nada (equalizer) memang tersedia dengan pilihan yang default. Suara paling oke bila setelan equalizer dipasang pada pilihan virtual bass.
Pengujian: Menyetel lagu dengan format MP3
Nilai: 3,1
Catatan: Bisa konek dengan headset bluetooth A2DP.

Kinerja
Slider simpel ini bekerja lancar menjalankan berbagai fungsi dan fitur yang dimiliknya. Meskipun, sekadar catatan, produk yang diuji coba masih berupa produk prototipe. Seperti fitur internet misalnya, mampu melakukan koneksi dengan baik, meski ada keterbatasan dalam membuka halaman web berukuran besar. Bluetooth juga mampu koneksi dengan berbagai device lain tanpa kendala. Fungsi utamanya sebagai alat bertelepon, dilakukan dengan baik, dengan stabilitas sinyal yang terjaga pula.

Kinerja Baterai
Diklaim mampu menahan penggunaan siaga hingga 400 jam, dan waktu bicara hingga 5 jam. Dalam pengujiannya, ketahanan baterai memang bagus. Meski dipakai menjalankan berbagai aplikasi multimedia, cadangan tenaga baterai hanya berkurang sedikit.

0 Responses to "LG GB230"

Posting Komentar

tanks buat komenya