Sony Ericsson K660i

Author: Web Phone information sources // Category:
Layar Horisontal Leluasa Berselancar

Selancar di internet bertambah nyaman dalam posisi layar horisontal. Dukungan sejumlah aplikasi internet menjadi nilai tambah ponsel ini

Lebar layar ponsel candybar yang terbatas, kadangkala menghambat saat menjelajah situs internet. Kita mesti direpotkan menarik kursor ke kanan dan ke kiri untuk sekadar melihat halaman muka situs. Apalagi kini, makin banyak situs atraktif lengkap dengan gambar, makin repot saja kalau mengandalkan lebar layar yang kecil.


Jalan keluar itu ditawarkan Sony Ericsson lewat seri K660i. Tanpa memperlebar layar, Sony Ericsson membuat solusi dengan membuat browser yang memungkinkan halaman situs dinikmati dalam posisi horisontal. Hasilnya, akses internet makin nyaman saja. Apalagi dukungan aplikasi internet termasuk komplet seperti HSDPA, RSS Feeds, TrackID, hingga Google Maps. Dari pengujian tim SELULAR pada ponsel ini, didapatkan hasil sebagai berikut :

Desain
Tampilan ponsel ini termasuk unik. Sentuhan warna ponsel hitam yang dikombinasikan dengan keypad unik membuat penampilan K660i lebih stylish. Perpaduan asyik ini ditambah dengan bodi ponsel yang termasuk ergonomis sehingga nyaman digenggam.
Pengujian : Digunakan untuk mengakses menu terutama games yang membutuhkan desain keypad yang kuat.
Nilai : 3,5
Catatan : Desain selubung ponsel yang mengkilap layaknya kaca perlu perhatian lebih agar tidak cepat kusam.

Layar
Dengan ukuran 2 inchi, layar K660i termasuk sesuai menampung beragam menu. Kedalaman warna hingga 262 ribu membuat menu ikon terpampang dengan terang dan jernih. Untuk penggemar games, bekal layar ini menunjang saat digunakan bermain game roller coaster bawaan di ponsel ini.
Pengujian : Digunakan untuk mengakses menu di dalam dan di luar ruangan
Nilai : 3,3
Catatan : Tampilan grafis layar untuk games 3D termasuk bagus.

Audio
Ponsel ini dibekali dengan fasilitas audio cukup komplet meski kualitasnya biasa saja. Ada pemutar musik yang dilengkapi fasilitas bluetooth stereo A2DP, radio FM, dan rekam suara. Untuk pemutar musik dan radio FM, kita bisa menggunakan speaker luar untuk menikmati suara penyanyi favorit.
Pengujian : Semua fasilitas audio diuji menggunakan lagu berformat MP3 dan mendengarkan siaran radio FM
Nilai : 3,1
Catatan : tidak ada fasilitas record siaran radio FM.

Kamera
Sebagai ponsel HSDPA, K660i dilengkapi kamera utama dan kamera kedua. Kamera utama menggunakan resolusi 2Mpix, sementara kamera untuk video call menggunakan kualitas CIF. Sejumlah fasilitas menyertai fasilitas kamera ini diantaranya zoom dan pengaturan effect.
Pengujian : Digunakan memotret obyek dengan resolusi terbesar dan dengan cahaya cukup di dalam dan di luar ruangan
Nilai : 3
Catatan : tidak ada fasilitas flash di ponsel ini sehingga perlu trik khusus untuk memotret obyek kurang cahaya.

Internet
K660i menggunakan browser dari Access Netfront dan mengadopsi WAP 2.0 XHTML. Orientasi tampilan internet horisontal sehingga tampak lebih lebar dan memanjakan mata. Dukungan ke aplikasi internet khas seperti RSS/Feeds juga memudahkan kita berinteraksi ke dunia maya.
Pengujian : Menggunakan fasilitas HSDPA operator untuk mendownload situs www.selular.co.id
Nilai : 3,1
Catatan : Sudah dilengkapi dengan setting otomatis, sehingga kita lebih mudah menggunakan fasilitas internet meski berganti kartu operator.

Konektivitas
Untuk koneksi ke peranti digital lain, ada sinkronisasi lewat kabel USB dan bluetooth. Setting bluetooth terbilang simpel, terbukti ketika digunakan mentransfer data dari dan ke laptop berjalan sempurna.
Pengujian : Mentransfer lagu MP3 dari laptop ke ponsel. Dalam waktu 55 detik, satu lagu telah pindah ke ponsel.
Nilai : 3,2
Catatan : Akan lebih istimewa bila fasilitas seperti infrared atau bahkan Wi-Fi disertakan ke dalam ponsel ini.

Video Recorder
Selain foto, kamera K660i juga bisa difungsikan sebagai perekam video. Hanya mutu rekamannya tidak istimewa, hanya rata-rata saja. Beberapa fasilitas menyertai rekam video ini diantaranya pengaturan effect, white balance, sampai mode rekam untuk MMS
Pengujian : Rekam video di lingkungan outdoor dan indoor.
Nilai : 3
Catatan : Saat ditransfer ke komputer, terlihat ada delay di gerakan gambar video.

Video Player
Rekaman video ini bisa diedit lewat menu aplikasi video DJ. Dengan fitur ini, kita bisa memberi efek baru ke rekaman baik teks, suara, atau gambar lainnya.
Pengujian : memutar video rekaman di layar ponsel dan di komputer.
Nilai : 3,5
Catatan : Ada dukungan memory stick micro hingga 4Gb untuk menyimpan video favorit.

Messaging
Untuk pesan, K660i menyediakan sejumlah fasilitas seperti email, SMS panjang, hingga SMS group. Karena sudah ada setting wizard operator untuk akses ke internet, setting email bisa lebih mudah dilakukan.
Pengujian : menggunakan fasilitas messaging yang dimiliki K660i
Nilai : 3,1
Catatan : Berkirim SMS bisa sambil mendengarkan musik atau radio karena ponsel ini multitasking.

PIM
Fasilitas asisten pribadi di seri ini cukup komplet. Mulai dari calendar, alarm, hingga calculator. Dengan fitur ini, pekerjaan sehari-hari bisa terbantu seperti untuk mengatur jadwal, atau menghitung sesuatu.
Pengujian : Dicoba menggunakan layanan PIM
Nilai : 3
Catatan : alarm bisa diset lebih dari satu sehingga memudahkan bila memiliki jadwal padat.

Lain-Lain
Ada yang unik di seri ini yakni dukungan location services lengkap dengan fasilitas Google Maps. Bila digabungkan dengan modul GPS yang dicolokkan ke ponsel, K660i siap menjadi perangkat GPS mutakhir.
Pengujian : Akses ke Google Maps
Nilai : 3
Catatan : Karena menggunakan aplikasi Google Maps, data visual yang tersaji berupa citra satelit. Tentu, data yang ditarik via operator juga relatif besar.


Kinerja
Fasilitas multimedia yang dimiliki K660i termasuk komplet. Dari kamera, internet, koneksi bluetooth, hingga layanan email. Sentuhan desain yang bergaya namun tetap ergonomis menjadi catatan khusus.Sejumlah fasilitas penunjang bawaan seperti games 3D dan layanan lokasi menggunakan Google Maps juga nilai tambah tersendiri meski tidak ada built-in modul GPS.

Nilai Akhir: 3,1

Kinerja Baterai
Data Vendor
Sony Ericsson menggunakan baterai Li-Ion 950 mAh (BST 33) untuk seri ini. Ketahanan baterai ini menurut klaim vendor adalah 9 jam waktu bicara atau 330 jam waktu siaga.

Hasil Pengujian
Dalam kondisi baterai penuh, digunakan untuk bermain games selama 10 jam baterai berkurang hingga kondisi low-battery. Untuk charging, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam agar baterai terisi penuh.

0 Responses to "Sony Ericsson K660i"

Posting Komentar

tanks buat komenya