Samsung SGH-i450

Author: Web Phone information sources // Category:

Dual Slider Andalkan Musik

Pemutar musik di dalam ponsel boleh jadi menjadi ikon bagi vendor ketika merilis ponsel baru. Tak terkecuali Samsung yang baru merilis seri ponsel musik SGH-i450. Seri ini berdesain unik yakni geser ganda (dual slider). Bila kita menggeser ke atas maka akan tampak keypad numerik. Sementara
bila digeser ke bawah kita akan mendapati music touch control yang unik.

Pengontrol musik inovatif ini bisa diakses dengan menyapukan jari tangan kita pada garis setengah lingkaran biru (blue arc). Gerakannya bisa ke atas ke bawah, tapi agar cermat, kita mesti terbiasa dulu menggunakan metode ini. Sayangnya, lingkaran biru separuhnya yang ada di ponsel, tidak bisa digerakkan lewat jari karena layar SGH-i450 bukan layar sentuh.

Desain
Ponsel ini hadir dengan tongkrongan ergonomis dan pas dalam genggaman. Selain itu inovasi desainnya yang mengejutkan tentu menjadi hiburan tersendiri terutama bagi para penggemar musik. Material bahan pembuat ponsel ini juga terkesan kuat dan kokoh meski menggunakan konsep geser ganda.
Pengujian : mengamati dengan cermat bentuk dan ukuran ponsel
Nilai : 3,7
Catatan : Pengguna mesti terbiasa dengan tombol kontrol musik anyar

Port
Sebagai ponsel musik, SGH-i450 dibekali dengan port audio universal 3,5 mm. Dengan begitu, kita bisa menikmati musik dengan bermacam headset stereo yang kita inginkan. Begitu pula bila disambung ke peralatan audio lain, peranti ini dengan mudah bisa mengadaptasi karena fasilitas ini.
Pengujian : port yang ada digunakan sesuai dengan fungsinya
Nilai : 3,6
Catatan : Port audio 3,5 mm tertutup oleh karet

Audio
Fitur ini menjadi elemen penting dari seri ini. Dukungan pemutar musik yang komplet plus radio FM membuat pengguna bisa maksimal memanjakan hobinya. Suara musik yang keluar dari speaker memang di atas rata-rata, tapi akan lebih baik bila mendengarkannya via bluetooth A2DP headset atau headset stereo. Ada satu aplikasi berbasis Symbian yang dibenamkan yakni Shazam ID untuk mengidentifikasi musik atau lagu yang dimainkan.
Pengujian : digunakan untuk menyetel lagu dengan speaker dan headset
Nilai : 3,5
Catatan : radio FM masih menggunakan headset sebagai antena eksternal. Tapi penyimpan stasiun radio berlimpah sampai 50 channel.

Kamera
SGH-i450 punya dua kamera yakni kamera utama 2 Mpix dan kamera kedua untuk video call. Fungsi kamera ini selain untuk foto juga bisa dipakai merekam video. Untuk kamera, ada berbagai fasilitas yang dimiliki seperti flash, zoom digital, hingga pengontrolan cahaya. Kalau ingin foto hasil bidikan dicetak, tersedia koneksi ke printer melalui bluetooth.
Pengujian : digunakan untuk memotret dan merekam video pada kondisi outdoor dan indoor
Nilai : 3,3
Catatan : Hasil foto cukup bagus untuk kondisi outdoor dengan pencahayaan cukup

Video Recorder
Ponsel ini mendukung fitur Real Player untuk memainkan file video. Begitu pula video dengan format Flash. Untuk merekam video, ponsel ini menyediakan minimal durasi sampai semenit hingga tak terbatas bergantung pada ketersediaan memori.
Pengujian : dilakukan rekam video dan ditransfer ke komputer untuk melihat hasilnya
Nilai : 3,2
Catatan : hasil video tidak istimewa, masih terlihat delay.

Konektivitas
Untuk koneksi ke perangkat digital lain, SGH-i450 mengandalkan koneksi bluetooth. Fasilitas ini berjalan dengan baik, terbukti ketika digunakan untuk mengirim dan menerima file ke laptop, hasilnya lancar. Misalnya menerima file lagu Jump dari Van Hallen berukuran sekitar 4 Mb, hanya perlu waktu 30 detik untuk pindah ke ponsel.
Pengujian : mengirim dan menerima file dari dan ke laptop. File ini berupa foto, video, dan lagu
Nilai : 3
Catatan : perhatikan proses pairing dengan komputer saat berkirim file pertama kali. Pastikan prosedur sudah benar agar file bisa berpindah sempurna.


Internet
Akses internet bisa dipakai menggunakan jaringan HSDPA di ponsel ini. Dari pengujian SELULAR terhadap ponsel Samsung SGH-i450, belum tersedia setting otomatis. Sebagai informasi untuk versi komersial, setting otomatis sudah disertakan. Akses ke internet terbukti cepat menggunakan kartu dari salah satu operator
Pengujian : masuk ke situs Selular (www.selular.co.id) dan hanya butuh 42 detik membuka keseluruhan halaman
Nilai : 3,2
Catatan : Pada versi ujicoba belum disertakan koneksi langsung ke Google yang menjadi unggulan pada akses internet di SGH-W890i.

Kinerja
Ponsel berbasis Symbian ini sejatinya punya dukungan software yang luas. Selain bisa dimanfaatkan sebagai ponsel musik, pengguna juga bisa banyak bereksplorasi dengan sejumlah software. Untuk mutu suara, saat digunakan untuk menelepon suara yang muncul juga jernih dan jelas karena speaker menghadap ke depan.

Skor Akhir : 3.3

Kinerja Baterai
Data Vendor
- Baterai menggunakan baterai Lithium Ion yang bisa bertahan hingga 500 jam waktu siaga atau 5 jam waktu bicara

Hasil Pengujian
- digunakan untuk selancar ke internet dan memainkan musik selama 2 jam, baterai hanya berkurang satu bar dari kondisi full charging.

0 Responses to "Samsung SGH-i450"

Posting Komentar

tanks buat komenya