Sony Ericsson W890i

Author: Web Phone information sources // Category:

Si Tipis Konsisten di Musik

Nuansa hati sebuah lagu bisa diperkirakan dengan fitur SensMe. Layanan personal ini ada di fitur Walkman 3.0.

Ponsel seri walkman Sony Ericsson terus bermunculan.
Satu yang terbaru adalah W890i yang muncul dengan patron desain tipis. Seperti pendahulunya W880i yang juga tipis, W890i punya ketebalan hanya satu centimeter alias sedikit lebih tebal 0,4 mm dari W880i.

Meski desain tipis, dukungan fitur di seri ini termasuk "tebal". Ada kamera 3,2 Mpix, pemutar musik Walkman 3.0, akses internet HSDPA hingga koneksi bluetooth. Dukungan ke fitur multimedia ini bertambah berkat memori eksternal jenis memorystick micro yang kapasitasnya mencapai 4Gb. Layaknya ponsel seri walkman lain, penyuka musik dimanjakan pula dengan fasilitas radio FM yang dilengkapi fitur RDS (radio digital system). Untuk menilai keseluruhan fitur, berikut hasil yang diperoleh dari pengujian tim panel redaksi SELULAR :

DESAIN
Ponsel ini berdesain candybar tipis. Kombinasi warna hitam dan metalik silver pada tombol navigasi membuatnya tampil stylish. Logo W yang menjadi ciri khas ponsel seri walkman dominan muncul di pojok kanan ponsel dan berada di samping speaker. Penggunaan materialnya juga pas, sehingga meski tipis ponsel ini tetap nyaman digenggam.
Pengujian : Melihat desain dari sudut ergonomis dan fungsi yang dimiliki ponsel tersebut
Nilai : 3,5
Catatan : Karena tipis, kita harus terbiasa ketika akan memotret menggunakan tombol shutter di sisi ponsel.

KAMERA
Kamera 3,2 Mpix membekali ponsel ini. Fungsi kamera ini bisa digunakan untuk memotret dan merekam video. Tidak adanya flash dan autofocus membuat kita harus memberi perhatian saat memotret obyek dengan kondisi kurang cahaya.
Pengujian : digunakan untuk memotret di luar dan di dalam ruangan pada resolusi maksimal. Hasilnya kemudian dipindah ke komputer dan dianalisis
Nilai : 3,4
Catatan : Semestinya fasilitas autofocus disertakan ke dalam kamera ini.

VIDEO PLAYER
Seperti ponsel multimedia Sony Ericsson lainnya, W890i punya fitur video DJ. Fitur ini berguna untuk mengedit video hasil rekaman. Video yang direkam bisa disesuaikan formatnya apakah menggunakan MPEG4 atau 3GPP.
Pengujian : Melakukan editing foto dari video hasil rekaman di ponsel ini.
Nilai : 3,5
Catatan : dukungan ke TV output bisa menyempurnakan seri ini.

PHONE MEMORI
Memori ponsel ini memang tidak terlalu besar hanya 32 Mb saja. 1000 nama bisa tertampung ke dalam phonebook ponsel ini lengkap dengan 20 field. Selain memori internal, dukungan memory stick micro sampai 4Gb dibuat untuk mengantisipasi kebutuhan ruang memori yang dimanfaatkan untuk lagu, foto, atau video.
Pengujian : menggunakan fasilitas cek memori untuk melihat berapa ruang memori yang telah dikonsumsi
Nilai : 3,2
Catatan : Fasilitas file manager memudahkan pengguna mengatur manajemen memori

KONEKTIVITAS
Koneksi di ponsel ini mengandalkan bluetooth dan USB 2.o. Bluetooth-nya sudah mengadopsi teknologi A2DP sehingga bisa digunakan untuk mendengarkan musik dari ponsel via bluetooth headset.
Pengujian : mengirim satu file lagu ke ponsel dari laptop
Nilai : 3,1
Catatan : Bluetooth berjalan baik dan responsif ketika pairing dengan perangkat bluetooth lain.

INTERNET
Selancar ke dunia maya bisa lebih optimal dengan W890i. Maklum, dukungan HSDPA plus setting otomatis membuat internet lebih nyaman dilakukan. Seperti dicoba masuk ke situs Selular (www.selular.co.id), dalam waktu 24 detik halaman muka situs ini bisa terbuka. Begitupun ketika membuka situs lain, koneksi internet berjalan lancar
Pengujian : masuk ke situs resmi Selular (www.selular.co.id)
Nilai : 3,1
Catatan : Akan lebih sempurna bila browser memiliki kemampuan menyimpan gambar langsung dari situs.

MUSIK
Tak elok berbicara ponsel musik tanpa omong kemampuan musik. Di seri ini ada pemutar musik Walkman 3.0 lengkap dengan sejumlah menu seperti equalizer, megabass, dan sebagainya. Ada juga fitur SenseMe untuk melihat mood lagu atau klip lagu. Radio FM-nya masih menggunakan headset sebagai antena luar sehingga perlu mencolokkan ke port headset agar radio FM bisa dinikmati
Pengujian : Menguji dengan memainkan satu file lagu berformat MP3
Nilai : 3
Catatan : Suara musik lebih maksimal bila didengarkan via headset stereo. Audio yang keluar dari speaker tidak terlalu istimewa.

KINERJA
Fasilitas multimedia yang membekali ponsel ini sepadan dengan tawaran desain tipis. Adanya menu penunjang seperti SenseMe dan game misalnya membuat ponsel ini punya nyali menyenangkan penggunanya. Keterbatasan di menu penunjang kamera tidak terlalu mengganggu secara keseluruhan kinerja perangkat ini.

Skor Akhir : 3,2

KINERJA BATERAI
Data Vendor
Sony Ericsson W890i menggunakan baterai Lithium Polimer 950 mAh. Ketahanan baterai ini diklaim mencapai 9,5 jam waktu bicara atau 360 jam waktu siaga.

Hasil Pengujian
Baterai kondisi penuh, digunakan untuk memainkan musik selama dua jam, bar indikator baterai tidak menunjukkan pengurangan. Untuk charging, perlu waktu sekitar dua jam agar baterai terisi penuh

0 Responses to "Sony Ericsson W890i"

Posting Komentar

tanks buat komenya