Nokia E50

Author: Web Phone information sources // Category:

Satu lagi seri E yang bakal meramaikan pasar ponsel cerdas. Bernama seri E50, ponsel ini dicipta pabrikan Nokia guna memenuhi kebutuhan para pekerja kantor yang mobile. Sebagaimana kodratnya sebagai anggota kelompok ponsel seri E, Nokia E50 sarat fitur kantoran khususnya fasilitas email yang bisa juga digunakan untuk koneksi blackberry. Biar buat kantoran seri ini pun
dilengkapi dengan fitur multimedia dan tambahan kamera digital.

DESAIN
Desainnya mengadopsi model candybar yang sedikit nampak besar dan panjang. Seri ini memiliki dimensi 113 x 43,5 x 15,5 mm dan berbobot 104 gram. Di bagian muka ponsel ini khususnya yang mengelilingi layar dibaluti warna silver. Warna ini pun membaluti cover bagian belakang yang terbuat dari bahan metal. Bahan inilah nampaknya yang membuat ponsel ini terasa lebih berat. Bobot E50 ini akan berkurang secara signifikan bila cover bagian belakangnya dilepas.

LAYAR
Nokia E50 ini dibekali layar jenis TFT dengan kedalaman warna hingga mencapai 262 ribu warna. Ukuran layar yang digunakan pun cukup besar dengan resolusi 240 x 320 pixels. Ukuran layarnya setara dengan luas tubuh ponsel yang digunakan jajaran keypadnya. Lewat layarnya yang lebar, pengguna bisa memaksimalkan fungsi untuk melihat gambar baik berupa foto ataupun video.

KEYPAD & TOMBOL
Tombol pengoperasiannya mengandalkan joystick lima arah yang bisa digulirkan ke kanan, kiri, atas, dan juga bawah. Dengan tombol ini Anda bisa memilih menu-menu yang diinginkan dengan mudah dan simpel. Total 18 tombol plus satu joystick yang akan membantu penggunaan seri ini. Di bagian kiri dinding ponsel terdapat tombol untuk mengatur volume baik saat bertelepon maupun mendengarkan musik.

KAMERA
Sebenarnya fasilitas kamera di seri E bukanlah sebuah fitur wajib. Hal ini karena ponsel kelompok E series ini memang diperuntukkan bagi orang kantoran yang sewaktu-waktu akan mengunjungi kawasan-kawasan yang melarang untuk membawa kamera digital termasuk kamera ponsel. Namun, biar bukan fitur wajib, seri E50 sudah dibekali kamera dengan kemampuan hingga 1,3 megapixels, cukup tertinggal dibanding ponsel-ponsel anyar di generasinya. Hasil bidikan kamera dengan fasilitas zoom 4 kali dan dukungan resolusi 1280 x 960 pixels sangat bagus dan tajam.

OFFICE
Karena hadir buat orang kantoran, ponsel ini sudah dilengkapi fitur mobile office seperti word, excel, dan power point. Sayangnya fasilitas ini hanya terbatas untuk membaca dan mengedit saja tidak untuk memulai dengan membuka file baru.

INTERNET
Berkeliling dunia maya dengan Nokia satu ini sangat bisa diandalkan. Fasilitas GPRS kelas 10 dan EDGE di kelas yang sama, ponsel ini sangat lancar saat keluar masuk situs yang diinginkan. Hadirnya fitur XHTML dan HTML menambah sempurna dalam menampilkan halaman demi halaman situs. Satu halaman situs yang dibuka akan menampilkan halaman situs secara utuh sebagaimana yang ditampilkan di PC atau notebook.

Seri ini pun sudah dilengkapi oleh fitur blackberry yang akan memudahkan Anda dalam membuka sekaligus membalas email-email yang masuk. Setidaknya dengan fasilitas email secara instan ini pekerjaan kantor yang membutuhkan fasilitas email tidak akan tertunda ataupun terbengkalai. Satu fasilitas lagi yang belum bisa di uji coba adalah PTT (push to talk). Fasilitas ini memungkinkan terjadinya percakapan dengan lawan bicara seperti halnya handy talky (HT).

PEMUTAR MUSIK
Seri E50 tidak kalah dengan ponsel multimedia yang sudah ada. Fasilitas MP3/AAC/video player bisa dijadikan hiburan saat Anda dalam kepenatan atau menunggu seseorang. Fitur pemutar musiknya didukung oleh stereo sound dengan dukungan speaker yang berkualitas. Tanpa menggunakan perangkat headset tambahan, memutar musik kesayangan di ponsel ini sangat enak ditelinga. Dentuman bass dan alunan vokal dari penyanyi favourite sungguh nyaman untuk didengar.

KONEKTIVITAS
Bila membutuhkan pemindahan data alias transfer data baik dari atau pun ke perangkat ini, Nokia sudah menyediakan berbagai fasilitas transfer. Transfer data lewat kabel bisa dilakukan dengan hadirnya slot USB versi 2.0, dan juga pop port. Sementara fasilitas transfer nirkabel tidak kalah lengkap. Dua fasilitas transfer baik infrared ataupun bluetooth sudah tersedia dan akan membantu proses transfer data ke perangkat dengan fasilitas yang sama.

MEMORI
Kapasitas memori yang ada di ponsel ini cukup besar. Dibekali memori internal hingga 70 Mb terbilang cukup untuk sekedar menyimpan data-data pekerjaan kantor atau pun musik. Termasuk juga gambar dan video hasil bidikan kamera digitalnya. Kalaupun masih kurang, pabrikan Nokia sudah mengantisipasinya dengan menyediakan slot memori tambahan hot swap dengan jenis memori T-flash alias micro SD.

BATERAI
Daya tahan baterai yang digunakan sangat bisa diandalkan. Ditenagai baterai berjenis BL-5C dengan teknologi lithium berkekuatan 970 mAh, ponsel ini bisa digunakan secara terus-menerus hingga 6,8 jam. Sementara waktu siaganya menurut info disitusnya bisa mencapai 9 hari, namun saat dilakukan uji coba, perangkat ini ternyata bisa disiagakan hingga mencapai 10 hari.

KINERJA
Saat diuji coba selama hampir sebulan penuh, secara umum kinerja seri E50 cukup baik dan bisa diandalkan. Keterbatasannya hanya terletak pada fitur mobile office-nya yang hanya mampu digunakan sebatas pada membaca file berformat word, excel, dan power point. Digunakan untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan, seri ini berjalan sempurna. Tidak ada gangguan sedikit pun dalam komunikasi voice ini.

0 Responses to "Nokia E50"

Posting Komentar

tanks buat komenya