Nokia N80

Author: Web Phone information sources // Category:

Dikenalkan pertengahan Februari nanti, N80 meski hadir dengan desain standar justru menawarkan banyak fitur multimedia terbaru. Selain radio FM stereo, kamera 3 megapixel, koneksi 3G, dan WLAN 802.11g, ditambah dengan koneksi UpnP (universal plug and play) untuk
koneksi dan streaming dengan peranti elektronik lainnya.

DESAIN
Model desain sliding akhirnya kembali diterapkan pada N80. Ini tentu mengulang pada model lama 7650 atau seri baru dari 6270. Untuk ukuran masa kini, desain standar seperti ini memang agak tertinggal dibanding model candy bar saja. Meski menjadikannya kurang fashion, tapi folder gesernya sedikit lebih nyaman digunakan dibanding 6270. N80 memiliki dimensi 95 x 50 x 26 mm dengan berat 134 gram

Pada saat Anda menggunakan sliding gesernya untuk menulis pesan, maka N80 sedikit lebih menarik dibanding 6680 dan nampak lebih besar dan berat (134 gram) dibanding seri modern S60 apa pun. Tapi, saat Anda menutup fungsi sliding-nya, maka N80 sesungguhnya menjadi lebih kecil dibanding rata-rata seri 60 yang ada (95 x 50 x 22 mm).

LAYAR
Anda bisa menikmati objek di ukuran layarnya yang maksimal pada 352 x 146 pixels. Apalagi ditunjang dengan pemakaian jenis layar QVGA serupa yang dilihat di N71 atau E series berikutnya. Beberapa hal memang agak sedikit mengganggu tampilan layarnya, seperti saat Anda melihat tampilan menu pada keadaan over cahaya (fluorescent).

KEYPAD
Karena ditunjang dengan ukuran eksodesign yang agak berisi, maka bentuk tombol keypad-nya pun juga nampak besar. Ukuran ini tentunya membuat N80 nyaman untuk digunakan. Keypad utama yang ada di folder dalam juga didukung oleh tombol navigasi utama yang ada di folder depannya. Beberapa tombol shortcut diletakkan disini, termasuk saat mengoperasikan menu pada saat sliding gesernya tidak digunakan

KAMERA
Berbekal kamera 3 megapixel built-in, maka kemampuan memotret objek dengan ponsel ini tidak diragukan lagi. Adanya fungsi memotret dengan posisi landscape pada layar penuh seolah menggunakan kamera digital tradisional. Kameranya sendiri memberikan pilihan mulai dari mode close-up (17,5 cm ke 23,4 cm) dan mode normal (68 cm lebih), artinya foto macro (jarak dekat) masih dimungkinkan dengan N80 yang dilengkapi lampu flash ini.

VIDEO
Untuk kualitas merekam video memang masih standar ponsel. Resolusi pengambilan video pada 352 x 288 pixels dirasa masih kurang ditambah dengan sisipan audio format .AMR yang terdengar berisik. Dengan menggunakan lampu flash, perekaman terbatas hingga jarak 3 meter saja. Sisanya video dengan VGA kamera dilakukan saat memanfaatkan fitur video calling untuk 3G

MUSIK dan RADIO
Nokia N80 sarat dengan fitur hiburan. Dukungan dari Nokia Xpress music brand membuatnya dapat memainkan banyak format mulai dari WMA, AAC,AAC+, hingga MP3 dalam pemutar musik yang dilengkapi equalizer. Tapi, ketika dicoba format mp4a, jangan harap N80 dapat memainkan format itu yang biasanya dibeli dari layanan musik iTunes online. Tapi, adanya fungsi radio FM menambah lengkap fitur hiburannya. Melalui FM Manager, N80 dapat me-listing chanel radio hingga lebih dari 50 stasiun.

KONEKTIVITAS
Urusan transfer data, maka N80 bisa diandalkan. Ada banyak pilihannya, mulai dari bluetooth, infrared hingga kabel data. Sedangkan akses internet-nya bisa dilakukan dari banyak pilihan, mulai dari GPRS kelas B, WLAN 802.11g, WCDMA, hingga UpnP (universal plug and play) untuk streaming dengan peranti elektronik lainnya. Tapi, batasan maksimum mengirim file dengan bluetooth-nya maksimal tidak lebih dari 5 MB. Jika tidak, bisa-bisa Anda harus menunggu datanya ditransfer berjam-jam lamanya.


UPnP
Ini adalah fitur baru pada ponsel Nokia. UpnP (universal plug and play) banyak digunakan sebagai salah satu fasilitas untuk streaming (audio dan video) dengan peranti elektronik lainnya. UpnP memungkinkan pengguna untuk mengirimkan file audio dan video pada peranti elektronik yang telah didukung fitur ini juga (wireless digital media player), seperti Philips Stremium Range atau NetGear Mp101. Tapi, jika penasaran Anda tinggal koneksikan PC dengan server dari http://www.twonkyvision.de/UPnP/.

APLIKASI
Pada N80 terdapat banyak aplikasi yang telah di-bundling pada ponsel multimedia ini. Untuk aplikasi office saja seperti pada seri 60 terdahulu juga sudah terdapat menu standar QuickOffice (Word,Excel,Power Point). Fungsi software Java MIDP 2.0 mendukung diterapkannya tampilan 3D di layar dan berjalannya aplikasi Flash Lite (untuk menyajikan animasi flash). Selanjutnya, meski telah dimasukkan S60 browser baru, ternyata tampilan di layar untuk membuka web, pada rendering yang dihasillkan terbatas pada ukuran layarnya saja.

KINERJA dan BATERAI
Secara umum meski dari sisi desain tidak terlalu istimewa, tapi N80 menawarkan banyak keunggulan terutama dari fitur multimedianya. Memiliki memori internal hingga 40 MB ditambah ekspan tambahan 2GB pada miniSD card, N80 dimungkinkan untuk dimasukkan banyak aplikasi hiburan.
Memang, pada beberapa fitur pentingnya belum bisa dimaksimalkan disini, misalnya Visual Radio dan UpnP, selain masih butuh edukasi, Anda sebagai pelanggan juga membutuhkan banyak peranti tambahan. Tapi, hal ini pasti sudah dipikirkan oleh Nokia. Ponsel ini ditenagai baterei Li-Ion 820 mAh BL-5B, yang mampu menyuplai tenaga untuk waktu standby hingga 192 jam dan waktu bicara hingga 3 jam

0 Responses to "Nokia N80"

Posting Komentar

tanks buat komenya