Nokia E70

Author: Web Phone information sources // Category:

Kalangan pebisnis memang pasar yang menggiurkan bagi vendor. Maklum, selain kebutuhannya unik, mereka juga membutuhkan berbagai aplikasi penunjang pekerjaan yang personal. Hanya saja karena jumlahnya tidak sebanyak pengguna biasa, perlu keberanian khusus bagi vendor membidik
segmen khusus ini. Salah satu yang serius menggarap pasar ini adalah Nokia, dengan mengenalkan seri khusus E. Karena kekhususan ini, Nokia menghadirkan salah satu seri yakni E70 dengan desain lipat terbuka (fold open) tapi tetap memiliki beragam senjata penting bagi pebisnis.

DESAIN
Yang paling menonjol dari E70 adalah desain fold open. Bagi Anda pemerhati ponsel Nokia, jenis desain seperti ini pernah dikenalkan Nokia pada seri 6800. Engselnya yang berada di sisi layar mencengkeram kuat, karena itu untuk amannya ketika bekerja dengan keyboard Anda bisa membuka lipatannya dengan dua tangan. Kombinasi warna hitam di bagian front cover dan warna silver yang menghiasi backcover mengesankan ponsel ini berkelas, apalagi ditunjang elemen warna krom di engsel, joystick, dan speaker.

LAYAR
E70 termasuk ponsel mutakhir Nokia untuk urusan layar. Dengan mendukung 16 juta warna dan resolusi 352 x 416 pixels membuat menu di E70 tersaji dalam tampilan yang terang dan jernih. Ukuran fisik layar juga cukup besar yakni 3,5 x 4 cm dan mampu menampung enam baris SMS. Layar E60 bisa beroperasi dalam dua mode yakni portrait pada kondisi tertutup, dan landscape pada saat kondisi ponsel terbuka.

KEYPAD & TOMBOL
Pada saat fold tertutup, Anda akan disuguhi susunan keypad numerik lengkap dengan beberapa tombol shortcut dan joystick lima arah. Ukuran masing-masing tombol yang sebesar 1x0,5 cm cukup terasa nyaman saat digunakan untuk mengakses menu. Sementara bila fold terbuka maka akan terlihat keyboard dengan format QWERTY. Meski disebut keyboard, namun karena ukurannya yang kecil keyboard ini lebih mirip thumboard karena agak sulit Anda mengetik dokumen misalnya dengan dua atau tiga jari sekaligus.

USER INTERFACE
Ponsel ini menggunakan sistem operasi symbian versi 9.1. Masuk kelompok series 60, tampilan antar mukanya alias user interface-nya cukup familiar di kalangan pengguna ponsel nokia. Pengoperasian aneka fiturnya sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Perpindahan dari satu menu ke menu yang lain sangat cepat dengan waktu hanya dalam hitungan detik.

KAMERA dan VIDEO
E70 dibekali kamera 2.0 megapixels yang bisa berfungsi sebagai alat potret maupun handycam mini. Untuk urusan pemotretan, Anda bisa memperoleh gambar dengan resolusi maksimal 1600 x 1200 pixels. Beragam efek pemotretan juga melengkapi fitur ini diantaranya self time, capture mode, dan digital zoom hingga 8x pembesaran. Selular mencoba fitur ini dan saat dilihat hasilnya di ponsel terlihat oke. Sementara untuk rekam video, Anda bisa merekam dengan format maksimal hingga 352 x 288 pixels.Hasilnya, saat dilakukan playback lewat real player, gambar yang dihasilkan tampak halus tidak kelihatan adanya delay.

OFFICE
Salah satu fitur unggulan di ponsel ini adalah kemampuan mengadaptasi berbagai format dokumen di komputer. Di menu office E70 tersedia submenu untuk masuk ke dokumen, sheet, dan presentation. Selular mencoba mengirimkan tiga file yakni Word, Excel, dan PowerPoint dari komputer ke ponsel lewat infrared. Ketiga file ini bisa dibuka secara langsung tanpa ada perubahan sama sekali. Selain berfungsi untuk melihat (viewer), Anda juga bisa mengedit berbagai file tersebut. Selanjutnya saat dikirim lagi ke komputer, file hasil edit hasilnya persis seperti yang telah diedit di ponsel.

HIBURAN
Unsur hiburan tidak ditinggalkan di ponsel para pebisnis ini. E70 dilengkapi dengan pemutar musik untuk format MP3 dan AAC. Saat dicoba mendengarkan sebuah lagu MP3 dari ponsel ini, suara yang muncul terdengar keras namun hentakannya empuk. Selain musik, ponsel ini juga mendukung pada aplikasi Flash Player dari Macromedia sehingga beragam aplikasi interaktif bisa dinikmati di ponsel ini.

MEMORI
Dengan beragam aplikasi multimedia, E70 dilengkapi dengan memori yang terbilang memadai. Untuk memori internal, E70 memiliki memori dinamis 75 Mb yang dibagi untuk kontak, SMS, MMS, ringtone, videoklip, to do list, dan aplikasi. Selain itu, tersedia slot memori mini SD yang berada tersembunyi di dekat baterai ponsel. Meski begitu, miniSD ini memiliki sifat hot swap sehingga Anda tetap bisa menggunakan ponsel sembari mencabut atau memasukkan kartu memori ini.

INTERNET
E70 sudah mendukung jaringan W-CDMA dengan beragam aplikasi di dalamnya. Koneksi dengan jaringan 3G ini saat diuji coba berjalan sangat lancar. Hal ini tergantung dari ketersediaan sinyal 3G tersebut. Selain lewat 3G, koneksi juga bisa dilakukan melalui Wi Fi lewat hotspot-hotspot yang ada di sekitar. Kalau pun kedua layanan itu tidak tersedia, masih ada GPRS. Hasilnya untuk masuk ke situs operator diperlukan waktu sekitar sepuluh detik. Selain internet, berbagai aplikasi menarik juga dihadirkan di E70 seperti instant messaging dan PTT (push to talk)

KONEKTIVITAS
Untuk urusan hubungan ke perangkat digital lain, E70 termasuk komplet. Untuk hubungan nirkabel, E70 menyediakan infrared, dan bluetooth. Sedangkan bila menggunakan kabel tersedia Pop-Port interface dan sinkronisasi ke PC dengan Nokia Connectivity Cable. Selular mencoba menggunakan bluetooth untuk berkirim satu foto dari satu ponsel bluetooth lainnya. Hasilnya, tak ada hambatan berarti karena gambar berhasil dikirim sekitar 12 detik untuk file gambar sebesar 200 Kb-an.

BATERAI
Seri E70 dibekali baterai jenis lithium dengan kapasitas 1150 mAh. Kapasitas sebesar itu membuat ponsel ini mampu bertahan hingga 9 hari untuk siaga. Sedangkan digunakan secara terus-meneurus misalkan untuk bicara mencapai 7 jam.

KINERJA
Bagi pebisnis ponsel seperti E70 termasuk cukup ideal menunjang pekerjaan. Maklum, dengan aplikasi office yang melengkapi seri ini membuat Anda bisa mengecek atau mengedit pekerjaan langsung dari ponsel. Dukungan ini bertambah dengan banyaknya koneksi yang tersedia, mulai dari akses internet via Wi-Fi hingga akses 3G. Saat digunakan untuk menerima panggilan dan melakukan panggilan, hampir tidak ada gangguan yang berarti.

0 Responses to "Nokia E70"

Posting Komentar

tanks buat komenya