Nokia N91

Author: Web Phone information sources // Category:

N91 meski hadir dengan desain standar justru menawarkan banyak fitur multimedia terbaru. Selain stereo FM radio, kamera 2 megapixel, koneksi 3G, dan WLAN 802.11g, ditambah dengan memori internal 4 GB rasanya pas untuk memuaskan kebutuhan microdrive yang di dalamnya terdapat
musik, video, dan berbagai aplikasi.

DESAIN
Ternyata model desain yang dibawa oleh N91 tidak terlalu istimewa. Model desain seperti ini, mengandalkan sliding keypad yang menyembunyikan akses numeric-nya, akhirnya kembali diterapkan pada N91. Meski standarnya tidak berbeda jauh dari 7650 atau 6270, untuk ukuran ponsel musik desain seperti ini jadi ketinggalan jaman. Bandingkan dengan Zen, Walkman, atau iPod. Untuk ukurannya yang “bulky dan berat”, desain standar seperti ini memang agak tertinggal dibanding model candy bar saja. Meski menjadikannya kurang fashion, tapi folder gesernya sedikit lebih nyaman digunakan. N91 memiliki dimensi 113 x 55 x 22 mm dengan berat 160 gram.

LAYAR
Anda bisa menikmati objek di ukuran layarnya yang maksimal pada 176 x 208 pixels. Apalagi ditunjang dengan pemakaian jenis layar QVGA serupa yang dilihat di N71 atau E series berikutnya. Beberapa hal memang agak sedikit mengganggu tampilan layarnya, seperti saat Anda melihat tampilan menu pada keadaan over cahaya (fluorescent).

KEYPAD & TOMBOL
Karena ditunjang dengan ukuran eksodesign yang agak berisi, maka bentuk tombol keypad-nya pun juga nampak besar. Tentunya pada saat sliding masih dalam keadaan tertutup. Dengan menggunakan tombol Grid View yang terdapat di badan kanan ponsel, Anda bisa memanfaatkan, tombol navigasi yang terletak di bawah layar. Sedangkan tombol di badan sliding-nya berfungsi sebagai akses untuk masuk ke menu pemutar musik. Anehnya, pada navigasi ini tombol tengah tidak berfungsi apa-apa.

PORT KONEKSI
Pada badan kirinya terdapat tombol untuk mengatur volume. Beberapa port pada bagian atasnya berfungsi untuk menghubungkan pemutar musiknya dengan headset dan speaker add-on tambahan. Port badan kiri digunakan untuk koneksi ke PC dan bagian bawahnya disediakan sebagai alat untuk charging. Hanya saja modelnya “bulky dan berat”, desain standar seperti ini memang agak tertinggal dibanding model candy bar saja. Meski menjadikannya kurang fashion, tapi folder gesernya sedikit lebih nyaman digunakan. N91 memiliki dimensi 113 x 55 x 22 mm dengan berat 160 gram

KAMERA
Berbekal kamera 2 megapixel built-in, maka kemampuan memotret objek dengan ponsel ini tidak diragukan lagi. Kameranya sendiri memberikan pilihan mulai dari self timer, white balance, macro mode, zoom digital hingga sequence mode. Hanya saja sayangnya tidak banyak pendukung pada fungsi kameranya, tanpa flash, dan pilihan editing foto. Meski hasil akhirnya bagus, Anda tidak bisa berharap banyak dari kemampuan kameranya yang tanpa tambahan dual kamera (kamera depan untuk video calling).

VIDEO
Untuk kualitas merekam video memang masih standar ponsel. Resolusi pengambilan video pada 352 x 288 pixels dirasa masih kurang ditambah dengan sisipan audio format .AMR yang terdengar berisik. Dengan menggunakan fitur night mode, perekaman terbatas hingga jarak 2 meter saja pada QCIF kamera, lebih dari itu objek tidak terlihat jelas.

INTERNET
Koneksi internet di ponsel ini memang tidak ada hambatan berkat dukungan GPRS kelas 10 Jika pada bagian ini setting GPRS di ponsel Anda belum dilakukan, Anda harus melakukan double klik untuk masuk ke menu pengaturan layanan WAP dari menu Services. Saat dijalankan, Anda bisa memilih rendering layar kecil termasuk saat page-up/down dengan scrolling key yang lebih cepat, serta daftar histories yang dapat disesuaikan di menu.

PEMUTAR MUSIK
Nokia N91 didukung penuh pemutar musik yang andal. Dukungan dari Nokia Xpress music brand membuatnya dapat memainkan banyak format mulai dari WMA, AAC,AAC+, hingga MP3 dalam pemutar musik yang dilengkapi 8-band equalizer. Untuk memutar musiknya dari playlist, disediakan tombol playback langsung. Anda juga bisa mendengarkan musiknya meski tanpa menggunakan SIM Card. Tapi, ketika dicoba format mp4a, jangan harap N91 dapat memainkan format itu yang biasanya dibeli dari layanan musik iTunes online.

KONEKTIVITAS
Urusan transfer data, maka N91 bisa diandalkan. Ada banyak pilihannya, mulai dari bluetooth, infrared hingga kabel data. Sedangkan akses internet-nya bisa dilakukan dari banyak pilihan, mulai dari GPRS kelas B, WLAN 802.11g, dan 3G. Kemampuan bluetooth-nya seperti biasa memudahkan Anda untuk berkirim data, termasuk kartu nama, menjalankan aplikasi image printing, termasuk men-tap dari Nokia wireless keyboard.

BATERAI
Ponsel ini ditenagai baterei Li-Ion 900 mAh BL-5C. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, Nokia N91 ini mampu digunakan non stop selama 4 jam. Sementara waktu siaga alias stand by-nya bisa mencapai 190 jam.

KINERJA
Secara umum meski dari sisi desain tidak lah menonjol dan sulit bersaing dengan model portable musik player, tapi N91 menawarkan banyak keunggulan terutama dari fitur hiburannya. Memiliki memori internal hingga 4 GB, N91 dimungkinkan untuk dimasukkan banyak aplikasi hiburan. Memang, pada beberapa fitur pentingnya belum bisa dimaksimalkan disini, misalnya Visual Radio. Salah satu kelemahan yang menyertai pada produk yang di-test ini adalah tombol On/Off yang bekerja pada respon menu yang lambat.

0 Responses to "Nokia N91"

Posting Komentar

tanks buat komenya