Nokia N92

Author: Web Phone information sources // Category:

Nseries Nokia satu ini sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan ke publik. Beberapa situs internet sudah merilis ponsel beridentitas N92 ini dengan berbagai keunggulannya. Pun di Tanah Air, hampir semua media baik cetak maupun elektronik berebut untuk mereview dan
merilisnya ke publik. Padahal hingga pertengahan September lalu Nokia N92 ini belum ada kejelasan kapan akan diluncurkan, karena kesiapan software pendukungnya untuk beroperasi di Indonesia masih terus disesuaikan.

Beruntung Selular melakukan pengujian ponsel ini setelah semua softwarenya lengkap dan layak uji. Setidaknya pengujian yang dilakukan sudah mendekati 100 persen ponsel siap lego. Menurut rencana Nokia N92 ini akan dipasarkan pada akhir bulan ini. Unggulan seri ini adalah terletak pada kemampuannya menyuguhkan siaran TV secara live dan juga fitur pemutar musiknya.

DESAIN
Dari bentuk dan ukurannya, seri N92 ini sangat bongsor dan berbobot cukup berat. Dimensinya yang berukuran 107,4 x 58,2 x 24,8 mm dan bobot sebesar 191 gram terbilang merepotkan bila menyimpannya ke dalam saku apalagi kantong celana berbahan non jeans, misalkan saja katun. Apalagi saat ponsel ini dioperasikan dengan membuka lipatannya, kesan bongsor makin kentara dan nyata.

LAYAR
Sebagai ponsel yang mampu memutar tayangan TV, Nokia N92 ini sudah dibekali layar berkedalaman warna hingga 16 juta. Ini merupakan salah satu syarat sebuah ponsel untuk menampilkan gambar bergerak secara sempurna agar gambar yang tampil tidak terputus-putus. Berdimensi 320 x 240 pixels, tergolong minim sekali untuk menonton sebuah tayangan TV.

KEYPAD & TOMBOL
Jajaran keypad seri ini sangat banyak. Kesemuanya terletak di bagian dalam dan bisa digunakan hanya bila covernya dibuka. Sama sekali tidak ada tombol yang bisa digunakan bila cover dalam keadaan tertutup. Selain jajaran keypad standar yang terdiri dari angka dan huruf, N92 juga dibekali keypad khusus untuk memutar video dan musik. Fungsi dan kegunaan keypad-keypad tersebut adalah murni sebagai pemutar musik. Nah, bila Anda membuka cover ponsel ini secara vertikal, Anda tidak perlu khawatir bila hendak mengoperasikan keypadnya, misalkan saja menulis SMS atau membuat catatan di menu notes. Vendor pabrikannya sudah menyediakan jajaran huruf secara vertikal pula termasuk angka-angka sebagaimana keypad pada umumnya.

MOBILE TV
Inilah fitur unggulan Nseries satu ini. Kemampuannya menangkap dan sekaligus menampilkan siaran televisi secara langsung bisa jadi akan membuat banyak orang kepincut untuk memilikinya. Saat dilakukan uji coba menonton siaran televisi di kawasan Semanggi Jakarta Selatan, nampak ada empat pilihan stasiun TV yang bisa ditangkap. Metro TV, SCTV, TVRI dan CNBC.

Suguhan siaran televisi khususnya tampilan gambar pada layarnya tidak terputus-putus. Kejernihan tampilan gambar bergerak tergantung dari kedalaman warna yang diadopsi ponsel yang digunakan. Saat dioperasikan di atas kendaraan dengan kecepatan 80 – 100 km per jam, sama sekali tidak ada perubahan atau pun gambar terputus-putus. Sebagai informasi, kami melakukan pengujian di bawah jalan layang Semanggi saat berkendara menuju kawasan Blok M. Jaringan mulai terputus saat tiba di Ratu Plaza dan kawasan Tugu Pemuda, namun saat kendaraan tiba di Blok M depan Pasar Raya, jaringan diperoleh kembali sampai kawasan Kantor Walikota Jakarta Selatan.

KAMERA
Bekal kamera dengan kualitas 2 Megapixels beresolusi 1600 x 1200 pixels juga memuaskan. Membidik objek bergerak atau pun tidak bergerak hasilnya cukup baik dan fokus. Fasilitas digital zoom 4 kali akan mempermudah penggunanya dalam membidik objek jarak jauh. Termasuk pengambilan gambar dengan video kameranya, berjalan lancar. Lamanya perekaman video tergantung dari memori yang tersedia.

INTERNET
N92 juga sudah siap untuk dioperasikan di jaringan 3G. Saat uji coba dari beberapa operator penyedia layanan generasi ketiga ini sangat lancar dan hampir tidak ada hambatan yang berarti. Menggunakan operator Telkomsel, melakukan download data baik berupa teks ataupun video streaming sangat cepat dan pengaturannya tidak berbelit-belit. Termasuk koneksi ke dunia maya menggunakan GPRS dan EDGE-nya yang berbekal GPRS kelas 11 dan EDGE kelas 10, sangat bisa diandalkan. Pun fasilitas koneksi internet via wireless (Wi Fi), semua berjalan lancar dan tidak ribet dan membingungkan. Tampilan halaman situs yang dituju sangat sempurna berkat dukungan fitur HTML dan XHTML.

PEMUTAR MUSIK
Jajaran keypadnya sudah mencerminkan bahwa seri ini adalah ponsel multimedia yang mampu digunakan untuk memutar musik. Tombol play, stop, rewind, dan lainnya sudah disediakan untuk memaksimalkan fitur musik yang ada. Format musik yang disupport N92 cukup lengkap. Ada WMA, MP3, eAAC+, AAC+, AAC, M4A, AMR-NB, AMR-WB, 64 poliphonic MIDI, RealAudio Voice, RealAudio7, dan RealAudio8.

Radio FM juga sudah dibekali di ponsel ini. Suara yang keluar cukup baik dan hampir tidak ada gangguan suara asing lainnya. Hal ini membuktikan daya tangkap frekuensi untuk radionya bisa diandalkan. Siaran radio ini pun bisa didengar melalui speaker sound nya dengan catatan handsfree mesti tetap terpasang di ponsel. Dukungan equalizer-nya akan menyempurnakan kehadiran keduanya –musik player dan radio-, termasuk bekal slot memori tambahan berjenis mini SD. Kapasitas memori eksternal yang bisa ditampung di ponsel ini mencapai 2 gigabyte dan mampu menyimpan lagu sebanyak 1500 buah.

Saat diuji coba memutar beberapa lagu MP3 dan maupun radio suara yang keluar sangat baik. Bahkan sambil mendengarkan musik atau radio, Anda bisa juga menjalankan fungsi kameranya untuk mengambil gambar diam alias foto. Musik tidka berhenti dan aktifitas memotret jalan terus. Lain halnya bila fasilitas video yang diaktifkan, serta merta alunan musik atau suara radio yang keluar tidak aktif alias mati.

KONEKTIVITAS
Nokia ini memiliki beragam fasilitas koneksi ke perangkat lain seperi PC atau notebook. Tiga fasilitas transfer dua di antaranya nirkabel yaitu bluetooth dan infrared sudah dibenamkan di seri ini. Sedangkan fasilitas untuk transfer menggunakan kabel, pabrikannya sudah menyediakan slot USB. Setidaknya membenamkan lagu-lagu kesayangan atau memindahkan data ke perangkat lain bukanlah sebuah masalah.

Fungsi infrared, Bluetooth, dan USB berjalan cukup sempurna. Ketiganya sudah teruji dalam memindahkan atau mentransfer data baik berupa file bergambar, teks, video, atau pun musik. Paling mudah menggunakan Bluetooth. Pasalnya dengan jarak sekitar 10 meter bahkan lebih, Anda bisa melakukan transfer data yang diinginkan. Berbeda bila menggunakan infrared atau pun kabel, Anda mesti memegang ponsel dan berhadapan dengan perangkat yang dituju misalkan saja PC atau notebook.

VOICE RECORDER
Fasilitas satu ini sebenarnya bisa dibilang sebagai fitur sekunder. Namun buat yang berprofesi sebagai wartawan, voice recorder sangatlah penting. Fitur ini memiliki kemampuan yang bisa diandalkan. Hasil rekaman suaranya bisa didengar kembali dengan jelas dan jernih. Setidaknya dengan adanya fasilitas ini, saatnya menanggalkan tape recorder atau digital recorder.

MEMORI
Ketersediaan memori internal ponsel ini sebesar 40 Mb. Kapasitas sebesar itu memang sangat minim untuk sebuah ponsel multimedia khususnya untuk menyimpan lagu-lagu kesayangan atau gambar dan video. Namun vendor produsennya menyediakan slot memori tambahan jenis mini SD, dengan kapasitas mencapai 2 Gb.

BATERAI
Berbekal baterai jenis lithium polymer dengan kapasitas 1500 mAh, N92 ini mampu digunakan secara terus menerus selama 4 jam. Sedangkan waktu siaganya bisa mencapai 7 hari. Namun hal ini masih tergantung dari naik turunnya jaringan operator yang digunakan. Maklum, naik atau turunnya jaringan juga mengkonsumsi baterai yang tidak sedikit.

KINERJA
Saat digunakan untuk menerima panggilan dan melakukan panggilan, suara yang terdengar sangat jernih. Demikian pula dengan lawan bicara di seberang sana, suara yang diterima juga jernih tanpa ada suara-suara asing yang mengganggu. Sayang saat menerima panggilan masuk, Anda mesti terlebih dahulu membuka lipatan ponsel. Tidak ada jalan pintas untuk menerima telepon kecuali dengan menggunakan handsfree.

Kemampuan ponsel ini untuk berselancar ke dunia maya terbukti handal. Menggunakan GPRS atau pun koneksi via Wi Fi terbilang cepat. Mendownload beberapa file baik berupa gambar, hingga musik berformat MP3 berlangsung cepat. Hampir tidak ada kendala yang berarti saat berselancar ke dunia maya.

0 Responses to "Nokia N92"

Posting Komentar

tanks buat komenya