Nokia N93

Author: Web Phone information sources // Category:

Awal Juli 2006 lalu Nokia mengenalkan kelanjutan seri N yang baru. Salah satunya adalah seri N93. Sama seperti seri lain berkepala sembilan, seri baru ini menonjolkan aspek imaging sebagai andalannya. Tampil hampir sama dengan pendahulunya, N91, namun
dengan ukuran yang lebih besar dan sentuhan warna yang berbeda.

Kehadiran N93, sudah jelas akan menambah semarak persaingan ponsel-ponsel berkamera. Terlebih, hadir dengan kemampuan merekam video 30 frame per detik, serta dipersenjatai lensa pesanan khusus dari Carl Zeiss Optics. Tapi bukan hanya itu yang membuat N93 tampil perkasa. Terlepas dari bodynya yang bongsor, ponsel ini mampu melakukan tasking apa saja karena fiturnya yang komplet.

DESAIN
Serasa melihat dan menggenggam sebuah kamera digital poket, begitulah kesan tatkala menggenggam N93. Ponsel ini memang dirancang dengan mengedepankan fitur imaging, tak salah memang jika tampil dengan camera look seperti itu. Sebagai kamera, body seperti itu masih handy. Namun, betapapun ini tetaplah sebuah ponsel, yang fungsi utamanya adalah alat komunikasi. Artinya, tetap harus memperhatikan kenyamanan saat menggenggam dan menempelkan di telinga ketika melakukan panggilan.

LAYAR
Layar utama di bagian dalam berukuran (38 x 50 mm), sebenarnya sudah sangat nyaman untuk mata, dan cukup memadai untuk difungsikan sebagai view finder. Layar yang menggunakan LCD jenis TFT 256 ribu warna ini mampu menampung tujuh baris teks. Sedikit catatan, dengan ukuran body sebesar itu, kenapa tidak diimbangi dengan ukuran layar yang lebih lebar lagi.

KEYPAD & TOMBOL
Si bongsor ini memiliki banyak tombol bantu dan slot di sekujur bodynya. Slot untuk headset, slot memory card, tombol navigasi ekstra, yang berfungsi sama dengan tombol navigasi utama di dalam. Tombol shortcut untuk kamera dan lampu flash, serta tombol pengatur zoom yang berada di bagian samping engsel folder. Memang jadinya banyak pernak-pernik, namun kehadiran tombol-tombol itu memudahkan pengguna. Terutama saat memfungsikan kamera. Tombol keypad yang berukuran besar (11 x 8 mm) serta bentuknya yang agak cembung, sangat enak digunakan. Apalagi tombolnya lembut (soft) saat ditekan. Respon ke tampilan layar juga cepat, hampir tak ada jeda saat antara tekan tombol dengan tampilan di layar.

USER INTERFACE
Tampilan menu di layar lewat user interface seri 60 3rd edition, sungguh memuaskan dan user friendly. Apalagi kinerja menu dan gerakan tombol boleh dibilang tanpa jeda, responnya bagus. Fitur yang adapun berfungsi sesuai harapan. Terutama fitur kamera yang memang jadi andalan seri ini. Ketika Anda memfungsikan ponsel ini sebagai handycam mini, dijamin Anda akan mendapatkan kenyamanan saat menggenggam dan membidik obyek. Dengan layar putar, plus bantuan tombol tambahan, membuat sangat handy digunakan. Namun ketika kembali ke bentuk asal sebagai ponsel, agak aneh rasanya menggenggam ponsel sedemikian besar. Tak nyaman disimpan di saku, kecuali disimpan di case yang digantungkan di sabuk.

KAMERA
Kamera digital mini jenis CMOS 3,2 Mpix yang dibenamkan ke N93, menggunakan lensa Vario-Tessar, yang dipesan khusus dari pabrikan lensa terkemuka dunia, Carl Zeiss Optics. Keampuhan lensa buatan Carl Zeiss ini sudah dibuktikan di seri N90 dan N91. Mampu melakukan focusing terhadap obyek mulai dari jarak 10 cm hingga tak terhingga.

VIDEO
Ini fitur unggulan N93. Kemampuan rekam video-nya mencapai 30 frame per detik dengan kualitas VGA. Dilengkapi dengan digital video stabilization, yang membuat rekaman tak terlalu tampak goyang. Kemampuan rekamnya hingga satu jam, berkat dukungan memori card jenis mini SD card. Kehadiran tombol zoom seperti layaknya yang ada di handycam, membuat Anda leluasa melakukan zooming (hingga 8 kali) saat merekam. Hasil uji membuktikan bahwa N93 merekam video nyaris sebaik handycam biasa.

SHOOT and PRINT
N93 memberikan pengalaman baru memotret dengan ponsel. Anda tekan tombol shutter setengah saja, maka lensanya akan melakukan auto focus. Fasilitas kamera untuk memotret sangat lengkap, bahkan dilengkapi exposure compensation dan auto exposure. Plus, pilihan moda landscape, close up, night, night portrait dan sebagainya. Hasilnya bisa dilihat di contoh hasil foto, yang diambil pada pagi hari dengan cahaya cukup, resolusi 3,2 Mpix. Hasil jepretan, setelah masuk galery, bisa langsung Anda print, berkat kehadiran fasilitas Nokia Xpress print. Syaratnya memang, printer harus kompatibel dengan ponsel. Koneksi ke printer bisa dilakukan lewat bluetooth atau kabel data. Software untuk ini sudah dibenamkan langsung (built-in).

3G EEXPERIENCE
Ponsel ini sudah bisa digunakan untuk layanan 3G WCDMA 2100. Di atas layar utama, ada lensa kedua untuk menampilkan video calling. Kemampuan 3G ini juga akan membuat koneksi ke internet makin menyenangkan, dengan kemampuan uplink dan downlink hingga 384 kbps. Masalahnya, saat ini kemampuan itu belum bisa diuji coba karena belum ada layanan dari operator.

KONEKTIVITAS dan TV OUTPUT
Bila 3G belum bisa dipakai untuk akses internet, tersedia EDGE dan EGPRS multi slot kelas 32 dengan kemampuan download hingga 296 kilobits per detik. Koneksi internet dengan N93 sangat simpel. Tak perlu melakukan setting apapun. Tinggal buka fitur Web, maka otomatis koneksi dilakukan. Uji coba menunjukkan, fitur ini berjalan sangat baik. Fasilitas koneksi lainnya adalah WLAN (Wi-Fi), serta dukungan bluetooth dan infrared. Fasilitas terakhir ini mampu mengirim file jpeg sebesar 775 kb ke device lain dalam waktu dua menit lebih. Fitur baru yang dihadirkan di N93 adalah TV output. Dengan dukungan universal plug and play (UPnP), Anda tinggal menyolokan kabel out put ke TV yang kompatibel (PAL/NTSC), maka hasil rekaman video ataupun file lain, bisa dinikmati di layar TV.

HIBURAN
N93 memiliki music player digital yang bisa memainkan format MP3/AAC/AAC+/eAAC+/WMA, yang didukung playlist dan equalizer. Kualitas suara yang dihasilkan cukup bagus untuk eksternal speaker. Memakai headset? Suara yang terdengar lebih garang lagi. Dan seperti biasa, hadir pula Radio FM yang tetap mensyarakatkan terpasangnya headset untuk pengaktifannya. Fungsi musik ini bisa multi tasking, artinya tetap bisa menikmati musik sembari menulis SMS, misalnya.

0 Responses to "Nokia N93"

Posting Komentar

tanks buat komenya