Nokia N93i

Author: Web Phone information sources // Category:

Pabrikan asal Finlandia ini barangkali menganggap seri N93 masih jauh dari sempurna. Meski kemampuannya untuk mengambil gambar bak sebuah handycam, namun kualitas gambar yang dihasilkannya masih jauh dari kualitas yang diharapkan. Alhasil muncullah seri
penyempurnaan dari ponsel tersebut dengan tambahan identitas “i” di belakangnya.

Boleh dibilang, seri N93i kali ini tampil lebih gres dan lebih pede bila digunakan untuk mengabadikan objek-objek lewat video recordernya. Penyempurnaannya terletak pada kualitas layarnya yang sudah 16 juta warna, plus bobotnya yang lebih ringan. Sementara fitur-fitur lainnya yang juga ada di seri N93 yakni kamera 3,2 megapiksel, TV out support, Wi Fi, dan lainnya tetap diikutkan.

DESAIN
Dibanding dengan N93, seri N93i ini sudah tidak berflip gendut lagi. Justru kini tampilannya lebih segar dan nampak indah. Covernya yang juga menyatu dengan layar diperindah dengan bahan kaca dan bisa dijadikan sebagai cermin. Bentuknya pun kini sudah datar dan tipis. Uniknya meski seperti cermin namun layar bagian luarnya tetap berfungsi sebagaimana ponsel-ponsel berlayar dua (dual LCD). Pada layarnya kita bisa melihat informasi waktu, energi baterai, kekuatan sinyal, dan juga pesan yang masuk.

LAYAR
Layar bagian dalamnya sudah berbekal 16 juta warna dengan teknologi TFT beresolusi 240 x 320 piksel atau berukuran 36 x 48 mm. Sementara layar bagian luarnya berteknologi OLED dengan kedalaman hingga 65 ribu warna. Sayang resolusi atau ukuran layar bagian luar ini hanya sebesar 128 x 36 piksel sangat timpang dan tidak sesuai dengan lebarnya cover.

Covernya yang sekaligus berfungsi sebagai layar bisa dibuka dan diputar hingga 90 derajat bahkan di turunkan lagi 90 derajat sampai layar bersentuhan dengan keyboard maka tampilah sebuah perangkat communicator mini. Bila foldernya dibuka separuh, lalu putar 90 derajat – dengan layar menghadap ke kita - maka fungsi kamera otomatis stand by.

KEYPAD
Masing-masing tombol di papan ketiknya berukuran cukup besar. Antara satu tombol dengan tombol lainnya dibatasi dengan serat-serat seperti karet sehingga ada sedikit timbul sekitar 0,5 mm. Ini memudahkan kita dalam melakukan pengetikan baik sms atau pun nomor telepon. Yang menarik adalah posisi speakernya. Pabrikan asal Finlandia ini sudah memindahkan posisi speaker tepat di bawah jajaran keyboard saat cover di buka. Sehingga saat fitur pemutar musik dioperasikan, menonton video klip, mendengarkan musik, atau ber-video call ria suaranya bisa terdengar makin jelas dan fokus. Berbeda dengan N93 yang meletakkan speakernya persis di body folder depan/belakang layar.

TOMBOL KONEKSI
Nokia N93i memiliki banyak sekali tombol dengan fungsinya masing-masing. Tombol power berada di bagian atas badan ponsel saat folder tertutup. Di bagian kanan atas terdapat tombol shutter untuk merekam gambar baik foto atau pun video. Sementara di bawahnya lagi terdapat satu tombol navigasi yang fungsinya untuk memilih menu pengaturan saat kita mengoperasikan kamera. Posisi tombol ini sangat berperan betul dan membantu dalam menghasilkan gambar dan video berkualitas. Tapi tombol ini juga ternyata bisa difungsikan sebagai tombol pengatur empat arah saat folder di buka. Memang agak kurang nyaman karena pabrikannya sudah memberikan tombol pengatur empat arah utama di jajaran keypadnya.

Dua tombol di bagian bawah lagi adalah tombol untuk memindahkan fungsi kamera menjadi fungsi sebuah video. Sedangkan tombol untuk menghidupkan lampu tambahan alias flash ada di bagian bawahnya lagi. Kita bisa menghidupkan lampu tersebut dalam waktu lama dengan menekan terus tombol ini. Boleh jadi selain fungsinya sebagai flash, bisa juga dijadikan sebagai senter bila kita butuh penerangan saat terjadi pemadaman listrik dari PLN. Nah, pada bagian bawahnya lagi ada slot memori tambahan untuk mengatasi keterbatasan memori bila masih dianggap kurang.

SISTEM OPERASI dan MEMORI
N93i dibekali dengan sistem operasi Symbian versi 9.1 dan tampilan antar muka symbian terbaru series 60 3rd edition. Di dukung oleh memori internal sebesar 50 Mb plus tambahan slot memori tambahan berjenis mini SD dengan kapasitas hingga 2 Gigabyt, kesemuanya tidak beda jauh dengan N93. Fasilitas hot swap memori memudahkan kita untuk membuka dan memasang kembali memori tersebut tanpa mesti melepas baterai.

KAMERA
Kamera berkualitas 3,2 megapiksel diperkuat dengan dukungan lensa berjenis carl zeiss vario tessar yang biasa digunakan para astronot untuk mengabadikan objek di bulan. Kemampuannya sudah terbukti handal khususnya pada beberapa seri terdahulu N90, N91, dan juga N93. Pabrikannya pun sudah menyertakan lapisan kaca di lensa ini untuk mengamankan lensa dari goresan-goresan benda tajam yang menyebabkan terganggunya saat pengambilan gambar.

Kita bisa menghasilkan gambar yang maksimal dengan kamera digitalnya. Bekal zoom optik hingga 3 kali, menu autofocus, plus tambahan lampu penerang membuat kualitas gambarnya makin bagus. Kita juga bisa memotret diri sendiri dengan mengaktifkan menu timer dengan beberapa pilihan shutter yakni 2, 10, dan 20 detik. Setelah membidik objek maka kita disuguhkan pilihan di mana hasil foto ini akan di simpan. Sekedar sumbang saran, ada baiknya menyimpannya ke dalam memori tambahan alias eksternal. Hal ini untuk menghindari kinerja ponsel menjadi lemot karena free memori di ponsel semakin sedikit.

VIDEO
Ini dia fitur andalan seri ini. N93i bisa digunakan untuk merekam video mencapai 30 frame per detik, hasilnya berkualitas VGA. Dalam pengambilan gambar yang bisa mencapai lebih dari 1 jam (tergantung ketersediaan memori), kita bisa memaksimalkan kualitasnya dengan memanfaatkan beberapa menu dan fitur pendukung. Menambah penerangan dengan lampu flash-nya yang bisa selalu menyala, perbesaran gambar/zoom hingga 8 kali, pengaturan warna serta ketajaman kualitas gambar bisa kita lakukan secara bersamaan. Setidaknya kita bisa menanggalkan handycam bila hendak berpergian jauh. Karena kemampuannya tidak kalah jauh dengan fungsi handycam. Meskipun secara kualitas memang tidak bisa dibandingkan antar keduanya.

OFFICE
Sesuai nama menu ini. Dalam pilihan folder office, terdapat beberapa aplikasi kantoran yang bisa membantu pekerjaan kantor. Ada quickoffice (quickword, quicksheet, dan quickpoint), adobe pdf, dictionary, zip, dan barcode. Sayang fungsi quickoffice ini hanya sebatas untuk melihat saja. Tidak ada menu new document untuk memulai membuka file baru.

0 Responses to "Nokia N93i"

Posting Komentar

tanks buat komenya