Nokia N95

Author: Web Phone information sources // Category:

Satu lagi ponsel keluaran nokia di gelontorkan ke pasar. Nokia memberi identitas pada ponsel anyarnya ini sebagai seri N95. Teknologi yang menyertainya sangatlah lengkap. Selain kamera dengan
kualitas hingga 5 MP, Nokia N95 juga telah mampu berjalan pada jaringan HSDPA. Satu keunggulan lainnya adalah telah dibenamkannya teknologi GPS (Global positioning system) di mana pabrikan asal Finlandia ini juga menyertai peta ratusan kota di belahan dunia termasuk Jakarta. Lewat aplikasi ini, kita akan dengan mudah mencari lokasi yang sama sekali belum pernah kita kunjungi meski berada di negara tetangga.

DESAIN
Desain sliding yang diadopsi ponsel nokia kali ini cukup unik. Konsep gesernya tidak hanya bisa digeser ke atas tapi juga bisa di geser ke bawah. Atau bila posisi ponsel horisontal maka seri ini bisa digeser ke kiri dan kanan. Bila di geser ke kanan maka akan muncul tombol utama untuk mengendalikan fitur pemutar musik dan video. Sedangkan bila digeser ke kiri yang muncul adalah jajaran keyboardnya.

LAYAR
Layarnya yang berukuran 240 x 320 piksel dengan kedalaman mencapai 16 juta warna TFT (Thin Film Transistor) akan menampilkan gambar yang sangat jernih khususnya saat memutar video. Gambar hasil bidikan kamera digitalnya nampak di layar sangat tajam sebagaimana aslinya. Kita juga bisa mengatur pencahayaan warna pada layar ponsel tersebut misalkan kurang atau kelebihan cahaya.

KEYPAD & TOMBOL
Ada keunikan dari seri ini. Saat di geser ke atas nampak jajaran keypad sempurna sebagaimana yang ada di ponsel-ponsel pada umumnya. Sementara saat digeser ke atas nampak tombol khusus pemutar musik dan video. Tombol tersebut akan membantu kita untuk lebih mudah mengoperasikan fitur multimedianya.

KAMERA
Teknologi kamera 5 megapiksel-nya adalah yang pertama dari nokia. Kemampuannya mengambil gambar baik foto atau pun video tidak usah diragukan lagi. Posisi ponsel saat mengambil gambar bisa dilakukan secara landscape dengan tombol shooter di sebelah kanan atas –persis seperti mengoperasikan kamera digital biasa-, sedangkan tombol perbesaran gambar alias zoom terletak di sebelah kiri dan langsung bisa dikendalikan lewat tangan kiri. Lensa yang digunakan adalah lensa carl zeiss opticts yang juga difasilitasi zoom digital hingga 20 kali.

Pada lensa kameranya terdapat penutup lensa sehingga akan melindungi lensanya dari goresan benda tumpul misalkan saat di simpan dalam saku. Fasilitas kamera kedua juga disediakan oleh pabrikannya. Kamera ini berfungsi untuk menyempurnakan komunikasi video call di jalur 3G terletak di bagian muka kanan atas, resolusinya sebesar 352 x 288 piksel.

GPS dan PETA
Menjadikan ponsel ini sebagai teman dikala berpergian sangatlah tepat. Dijamin ke mana pun kita berada tidak akan tersesat dan justru perjalanan sangat terbantu meski kita baru pertama kali menginjakkan kaki di kota tersebut. Fitur GPS yang tampil lengkap dengan peta berbagai kota di belahan negara di dunia -termasuk Jakarta- akan bisa mengarahkan kita untuk menuju suatu tempat lengkap dengan petunjuk suara untuk belok ke kiri, kanan, atau pun jalan lurus. GPS kali ini tidak seperti GPS yang ada di ponsel nokia sebelumnya yang hanya mengandalkan satu garis lurus ke lokasi sub ordinat. Kali ini GPS tampil lengkap lewat jalan-jalan dalam peta yang tampak di layar ponsel.

Sangat tepat bila aplikasi Maps ini kita sebut sebagai salah satu real killer aplication. Bagaimana tidak, dengan aplikasi ini, pengguna akan dapat dengan mudah mencapai suatu tempat yang dituju meski kita sama sekali belum pernah ke lokasi tersebut. Fitur ini juga bisa difungsikan sebagai petunjuk arah bagi seorang teman yang mencari lokasi di mana kita berada atau janjian bertemu di suatu tempat. Cukup kita kirim peta yang sudah terlebih dulu di set, maka peta tersebut akan mengarahkan perjalanannya hingga mencapai lokasi di mana kita berada. Tanpa perlu mengarahkan perjalanannya via telepon atau sms, peta ini akan membimbing lewat arah panah dan instruksi suara yang ke luar.

INTERNET
Sangat lengkap dan sempurna fasilitas berselancar ke dunia maya seri N95 ini. GPRS, EDGE, 3G (HSDPA) bisa digunakan untuk masuk ke dunia maya ini lewat jaringan operator yang kita gunakan. Satu yang harus diperhatikan adalah tarif yang dikenakan untuk akses internet ini sangat beragam antar operator. Salah-salah pulsa kita bisa tersedot habis. Nah, kalau di sekitar kita terdapat hotspot, maka ada baiknya kita bisa memilih jalur Wi Fi untuk masuk ke situs-situs yang hendak di tuju. Apalagi kini banyak hotspot gratisan yang tersebar di beberapa hotel atau lokasi-lokasi strategis baik di dalam atau luar negeri.

Koneksi menggunakan jalur 3G dan HSDPA-nya berjalan sangat lancar. Melakukan komunikasi video call, mendownload file-file berukuran besar bisa berjalan dengan mudah. Untuk kedua layanan ini memiliki syarat adanya sinyal 3G dan HSDPA dari layanan operator yang kita gunakan.

HIBURAN
Fasilitas hiburan baik musik, radio, maupun video sudah terbenam di seri ini. Bahkan pabrikannya secara khusus menyediakan tombol navigasi untuk tiga fitur hiburan ini. Saat posisi layar horisontal/landscape kita cukup menggeser bagian atas ponsel ke kanan. Sekali geser akan muncul tombol-tombol pengatur tersebut. Di layar secara otomatis pula akan muncul pilihan menu dengan tampilan muka berbentuk lingkaran. Cukup menggunakan tombol pengatur empat arahnya maka kita bisa dengan mudah memilih menu yang diinginkan.

Keistimewaan fasilitas hiburan ini makin lengkap dengan tersedianya slot konektifitas stereo heandphone berukuran 3,5 mm. Slot ini juga berfungsi sebagai slot TV out put guna menghubungkan perangkat ini ke televisi. Pun slot USB akan memudahkan kita dalam memindahkan data misalkan berupa lagu kesayangan antar perangkat komputer dan ponsel.

KONEKTIVITAS
Mengirim data baik foto, video, dan lagu ke perangkat lain bisa kita lakukan dengan beberapa perangkat perantara. Koneksi nirkabel bisa dilakukan lewat bluetooth dan infrared. Sementara bila kedua fasilitas itu tidak dimiliki oleh perangkat penerima, kita bisa menggunakan kabel data berupa USB. Fasilitas ini juga sudah dimiliki seri ini. Saat di uji coba menggunakan kedua perangkat transfer data ini, koneksi berjalan lancar. Berapapun besarnya file yang hendak dipindah, bisa dengan mudah dilakukan. Hanya saja lama proses transfer tergantung dari besarnya file yang dipindah/dikirim.

0 Responses to "Nokia N95"

Posting Komentar

tanks buat komenya